Selama Mudik, Warga Diminta Jaga Keamanan dan Ketertiban

  • Whatsapp
Kepala Satpol PP Karawang, Asip Suhendar (kanan)
Kepala Satpol PP Karawang, Asip Suhendar (kanan)

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Selama musim mudik 2017, masyarakat Kabupaten Karawang diimbau agar menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitarnya.
Imbauan itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karawang, Asip Suhendar, Selasa (20/6/2017).
Dikatakan, bagi warga Karawang yang akan pergi bersilaturahmi ke luar daerah selama masa lebaran, harus memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi terkunci.
Selain itu, selama diperjalanan harus mematuhi aturan berlalu lintas, demi ketertiban dan keselamatan bersama.
“Untuk warga yang tidak kemana-mana, diharapkan bersama-sama menjaga keamanan lingkungan. Coba dibantu berkeliling mengawasi kondisi rumah-rumah warga yang ditinggal mudik,” katanya.
Untuk mengawal keamanan dan ketertiban selama musim mudik lebaran, Satpol PP menerjunkan sedikitnya 500 anggota untuk disebar di 12 titik, termasuk tambahan kekuatan dari anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di 297 desa dan 12 kelurahan.
“Kita sekarang sudah gabung dengan Linmas. Maka akan ada penempatan dibeberapa titik yang dianggap rawan, seperti pasar-pasar tradisional yang terlewati di jalur mudik. Untuk anggota Satpol PP berjaga di 12 titik, sedangkan Linmas ada tambahan jadi 14 titik,” kata Asip.
Selain itu, khusus bagi anggota Satpol PP di kecamatan yang menjadi daerah wisata, akan fokus mengawal keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.
Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), untuk memastikan pengamanan berjalan lancar.
“Kita libatkan semua anggota Satpol PP di setiap kecamatan dan Linmas di desa-desa, namun ada pembagian tugas khusus bagi mereka yang berada di wilayah objek wisata. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dimana pun,” ungkapnya.(sir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *