Wabup Buka Pertemuan Akbar Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Bener Meriah

  • Whatsapp

Kabupaten Bener Meriah, SpiritNews-Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi menghadiri dan membuka kegiatan pertemuan akbar penyuluhan pertanian se Kabupaten Bener Meriah di Aula Setdakab Bener Meriah, Kamis (14/9/2017).

Turut hadir dalam acara pertemuan akbar penyuluh se Kabupaten Bener Meriah anggota DPRK, Sekda, para pejabat perangkat daerah, kepala kebun percobaan kopi gayo, para ketua koperasi se-Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, para penyuluh se-Kabupaten Bener Meriah.

Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan itu menyampaikan, pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan yang berkelanjutan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, pangan dan bahan baku industri, memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha, meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya petani, pekebun, peternak, nelayan, dan pembudidaya ikan.

Wabup Bener Meriah juga mengingatkan, bahwa untuk lebih meningkatkan peran sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan, diperlukan penyuluh sebagai sumberdaya manusia yang berkualitas, andal, serta berkemampuan manajerial, sehingga pelaku pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan mampu membangun usaha dari hulu sampai dengan hilir yang berdaya saing tinggi dan mampu berperan serta dalam melestarikan hutan dan lingkungan hidup.

“Pembangunan pertanian akan cepat berhasil jika didukung oleh SDM (petani dan pelaku usaha pertanian, perikanan, dan kehutanan) yang berkualitas. salah satunya yang sangat penting adalah berfungsinya penyuluhan dimana para penyuluh sebagai ujung tombaknya,”ujar Abuya.

Menurutnya, dengan jumlah penyuluh 125 orang di Kabupaten Bener Meriah saat ini dirasa sudah cukup memadai dan yang terpenting bagaimana cara terus menerus kita tingkatkan kompetensi dan integritas para penyuluh sehingga mereka dapat melayani masyarakat terutama petani secara baik dan maksimal sehingga tercapainya harapan peningkatan ketahanan pangan dan penguatan ekonomi masyarakat.(mah)

Pos terkait