Air Kali Sadang Merah, Dinas Lingkungan Hidup Investigasi

  • Whatsapp
Air Kali Sadang Kabupaten Bekasi berubah warna menjadi merah
Air Kali Sadang Kabupaten Bekasi berubah warna menjadi merah

Kabupaten Bekasi, SpiritNews-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi terjunkan tim ahli untuk memastikan sumber dan penyebab air Kali Sadang yang berubah warna menjadi berwarna merah.

Air Kali Sadang yang melintasi Desa Wanajaya dan Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung itu biasanya berwarna agak kecoklatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Evaluasi dan Pengendalian, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Agus Dahlan, mengaku sudah menerjunkan tim untuk mencari tahu sumber pembuangan limbah di Kali Sadang.

Diakuinya, tim investigasi yang diterjunkan tersebut terdiri dari dari Dinas Lingkungan Hidup, unsur kepolisian dan petugas kelurahan setempat.

“Tim Dinas Lingkungan Hidup bersama unsur kepolisian dan kelurahan masih mencari sumbernya,” kata Agus kepada SpiritNews, Selasa (26/6/2018) di kantornya.

Dikatakan, petugas tersebut akan memeriksa sejumlah tempat usaha yang berada di bantaran Kali Sadang untuk mengantisipasi pelaku pengolahan dan pembuangan limbah.

“Sampai sekarang belum ditemukan sumbernya karena menyusurinya agak susah,” katanya.

Kejadian serupa, kata Agus, juga pernah terjadi di kali lainnya di Kabupaten Bekasi seperti di Kali Cipegadungan dan Kali Cilemahabang.

“Kalau di Kali Cipegadungan itu sumbernya dari kegiatan pencucian drum bekas cat sementara di  Kali Cilemahabang karena adanya kegiatan pencucian karung bekas plastik. Semua kita tindak dan sekarang sudah tutup,” ungkapnya.(bis)

Pos terkait