Raih Penghargaan Juara 1 BPJS Ketenagakerjaan, Pemkot Bekasi Ingin Sejahterakan Masyarakat

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Walikota Bekasi Rahmat Effendi menerima penghargaan Juara 1 Paritrana Award 2018 kategori kabupaten/kota dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kota Bekasi, spiritnews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi di awal tahun 2019 kembali meraih penghargaan, kali ini di bidang ketenagakerjaan dengan meraih Juara 1 Paritrana Award 2018 kategori kabupaten/kota dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, pada Jumat (11/1/2018) lalu yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kota Bekasi menyisihkan delapan kandidat kabupaten/kota peserta lomba lainnya, dan penilaian dilakukan tim Jawa Barat melalui dua tahapan yakni verifikasi berkas dan peninjauan langsung ke lapangan. Dari hasil recheking pada Desember 2018, Kota Bekasi dinilai mampu melakukan dukungan kongkret dalam penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bacaan Lainnya

Atas diraihnya penghargaan terbaik se-Jawa Barat ini, menjadikan Kota Bekasi diikutsertakan pada lomba serupa di tingkat nasional pada Maret 2019 mendatang. Untuk itu, Walikota Bekasi Rahmat Effendi mendorong agar penghargaan Juara 1 BPJS Ketenagakerjaan tingkat Jawa Barat ini dijadikan sebagai motivasi untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan sehingga kesejahteraan buruh bisa meningkat.

“Baik itu bagi pekerja formal maupun informal di Kota Bekasi. Intinya terus kita kembangkan sektor ketenagakerjaan dan meningkatkan kesejahteraannya. Mudah-mudahan bisa memberikan nilai tambah dari sektor industri di Kota Bekasi,” katanya kepada SpiritNews, Senin (14/1/2019).

Baca Juga: Walikota Bekasi Terima Penghargaan Pelayanan Publik dari Menpan-RB

Untuk itu, Pemkot Bekasi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan meningkatkan koordinasinya dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Bekasi. Beberapa waktu lalu, Pemkot Bekasi juga telah melakukan MOU agar setiap pegawai tenaga kerja kontrak Kota Bekasi masuk dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka mendapatkan jaminan hari tua, kecelakaan kerja, maupun jaminan lainnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi penghargaan yang diraih Pemkot Bekasi. Ia mengatakan, bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan ditambah bagi kabupaten/kota yang sering mendapat penghargaan. Hal itu untuk memotivasi kabupaten/kota untuk menjadikan Jawa Barat juara di berbagai bidang.

Ridwan ingin Jawa Barat menjadi contoh atau pioneer pelaksanaan kemudahan jaminan ketenagakerjaan se-Indonesia, dengan merencanakan tiga program yang ingin dikerjasamakannya ke depan. Menurutnya, itu menjadi inovasi dan cita-cita Pemprov Jawa Barat ke depan di bidang ketenagakerjaan.

Berita Lain: Komitmen Terhadap Lingkungan, Pabrik AQUA Bekasi Raih Penghargaan Industri Hijau 2018

“Kita ingin peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memperoleh kemudahan tiga program, yakni tempat tinggal berupa hunian sehingga tidak jauh dari tempat kerja, kemudian dengan menunjukan kartu BPJS bisa dapat sembako murah dan transportasi gratis,” kata Ridwan.(sam)

Pos terkait