Qari Juara Internasional akan Tampil di MTQ-34 Aceh Utara

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara mempersiapkan lokasi MTQ ke 34

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Qari yang pernah meraih juara MTQ Internasional di Turki tahun 2015 lalu, Tgk Takdir Feriza Hasan, dipastikan akan tampil pada acara pembukaan kegiatan MTQ ke-34 Kabupaten Aceh Utara di lapangan Landing Kecamatan Lhoksukon pada Jumat, (22/2/2019) medatang.
Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara, Tgk M Idris, mengatakan, Tgk Takdir Feriza Hasan pernah meraih Juara I pada even MTQ Internasional di Turki, yakni saat menjadi Duta Indonesia pada Turkey International Holy Quran Memorization and Recitation Competition pada 6 – 12 Juli 2015 di Istanbul, Turki.

Baca Juga : Ajang Syiar Islam dan Pembinaan Akhlak, MTQ Subang 2018 Resmi Dibuka

Bacaan Lainnya

“Putra Aceh Besar kelahiran tahun 1986 itu, pernah beberapa kali diundang langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan untuk tampil dalam seremonial keagamaan di sana. Kita juga akan undang Tgk Takdir Feriza Hasan sebagai Qari Jemputan untuk tampil pada malam pembukaan MTQ ke-34 Kabupaten Aceh Utara,” kata Idris, kepada spiritnews.co.id di ruang kerjanya, Rabu (20/2/2019).
Dikatakan, persiapan pelaksanaan MTQ tersebut sebagian besar telah rampung 100 persen. Hanya tinggal mimbar utama yang menunggu finishing, dan dipastikan akan selesai dalam dua hari ke depan.

Berita Terkait : Prestasi Runner-Up MTQ Kota Bekasi 2018 Jadi Momentum Pembangunan Akhlak di Pondok Gede

MTQ ke-34 Kabupaten Aceh Utara memperlombakan tujuh cabang, masing-masing qiraat sab’ah, hifzil qur’an, syarhil qur’an, fahmil qur’an, tafsir qur’an, khattil qur’an, dan cabang MMQ, dengan jumlah total peserta sebanyak 929 orang. Mereka akan ditempatkan pada pemondokan di gampong-gampong sekitar Landing Kecamatan Lhoksukon.
Menurutnya, MTQ ke-34 Kabupaten Aceh Utara ini akan diikuti 929 peserta, dan pendamping atau ofisial dari masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang.
Untuk itu, kata Idris, Kepala Dinas Syariat Islam telah mempersiapkan lokasi pemondokan di lima desa di Kecamatan Lhoksukon yang dekat dengan lokasi arena MTQ. Sedangkan lokasi mimbar perlombaan, jelasnya, berada di lapangan sebelah timur Kantor Bupati di Landing.
“Untuk cabang qiraat sab’ah dilombakan di aula Kantor Kemenag Aceh Utara, cabang hifzil qur’an di aula Kantor Kesbang Pol, cabang syarhil qur’an di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” jelasnya.
Berikutnya, untuk cabang fahmil qur’an mengambil lokasi di aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan terakhir untuk cabang tafsir, khattil dan MMQ perlombaannya mengambil tempat di gedung SKB Aceh Utara.
“Pada malam pembukaan MTQ ke-34 ini akan ada penyerahan bonus kepada para juara MTQ ke-33 tingkat Provinsi Aceh tahun 2017 lalu yang telah mengharumkan nama Kabupaten Aceh Utara. Bonus itu seyogianya diserahkan pada tahun 2018 lalu, namun karena beberapa kendala maka akan diserahkan pada momen pembukaan MTQ ke-34 Jumat malam mendatang,” ungkapnya.(mah)

Pos terkait