Pelipatan Surat Suara Terkendala SDM, KPU Bakal Difasilitasi Pemkab Karawang

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Sejumlah tenaga harian, anggota PPK dan PPS sedang berjibaku melipat surat suara

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang siap membantu KPU menyukseskan pemilu. Termasuk untuk urusan persiapan logistik pileg dan pilpres.
Demikian dikatakan Penjabat Sekda Karawang, Samsuri saat rapat di Gedung Singaperbangsa, Selasa (12/3/2019).
Dalam rapat itu, KPU Karawang mengusulkan agar sortir dan pelipatan surat suara dilakukan di kantor – kantor kecamatan. Hal itu untuk memangkas jarak dan waktu.

Baca Juga : Pelipatan Surat Suara DPD Terkendala Sumber Daya Manusia

Bacaan Lainnya

Sebab, dalam sepekan ini, KPU selalu kekurangan tenaga atau sumber daya manusia (SDM) untuk melipat dan menyortir surat suara di GOR Adiarsa.
“Kami khawatir tidak selesai tepat waktu. Karena masih ada 7 juta lebih surat suara yang masih belum dilipat,” ujar Gery S Samrodi, Plt Sekretaris KPU Karawang saat rapat di Ruang rapat gedung Singaperbangsa Karawang.
Menyikapi hal ini, Penjabat Sementara (Pjs) Sekda Karawang, Samsuri, menuturkan pemerintah daerah siap memfasilitasi usulan tersebut.

Berita Terkait : Diskominfo Purwakarta Pasang Sejumlah CCTV Pengamanan Logistik Pemilu

“Tinggal mencari regulasinya, kalau ada kita perbolehkan karena kami (Pemda) sifatnya fasilitator saja. Kalau dipaksakan dilipat di GOR Adiarsa, kita khawatir tidak selesai tepat waktu,” kata Samsuri.
Namun, ia menyatakan sebaiknya sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilpres tetap dilakukan di GOR Adiarsa.
“Supaya menghindari polemik. Karena surat suara untuk Pilpres sangat sensitif,” katanya.
Lebih lanjut dikatakan, penyelenggara pemilu adalah KPU. Artinya, semua tahapan ada dipunggung KPU, namun pemerintah ikut bertanggung jawab sebab pada akhirnya sukses tidaknya pemilu adalah pemerintah.
“Semua konsep sampai pelaksanaan ada di KPU kami hanya memfasilitasi, akhirnya sukses tidaknya itu pemerintah,” ungkapnya.(sir)

Pos terkait