DPRD : KPU dan Disdukcapil Harus Koordinasi Mengenai Data Penduduk

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, melakukan kunjungan dalam kabupaten non Banggar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Rabu (2/10/2019). Dalam kegiatan ini DPRD memonitoring persiapan Pilkada 2020.

Sekretaris Komisi I DPRD Karawang, Elivia Khrisiana, mengatakan, beberapa point yang menjadi sorotan adalah singkronisasi data penduduk sebagai calon pemilih dan optimalisasi partisipasi pemilih.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, pihaknya telah meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan KPU agar bisa intens berkoordinasi terkait data penduduk. Bahkan Disdukcatpil diminta untuk bisa update data per bulan, khususnya data kematian.

“Kita sering menemukan data orang yang sudah meninggal dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Ini tentunya harus jadi perhatian dan harus bisa diperbaiki,” ujar Elivia.

Sedangkan terkait optimalisasi partisipasi pemilih, lanjut dia, harus dilakukan pula sosialisasi secara optimal. Sosialisasi juga harus bisa melibatkan seluruh instansi khususnya instansi pemerintah di Kabupaten Karawang.

“Saya berharap semua instansi pemerintah bisa turut serta melakukan sosialisasi, minimal dengan memasang spanduk sosialisasi Pilkada 2020. Target partisipasi pemilih di angka 70 persen bisa tercapai, bahkan lebih,” ungkap dia.

Ditanya soal anggaran Pilkada 2020, menurutnya, bukan soal besar atau kecilnya anggaran yang digunakan, melainkan soal transparansi penggunaannya.

“Kalau soal besaran anggaran itu sudah ada hitungan dari KPU sesuai dengan kebutuhannya. Selama memang transparan dalam menggunaannya bagi saya itu tidak masalah. Yang terpenting bagaimana Pilkada ini bisa berlangsung,” tandas dia.(zck)

Pos terkait