Turbulensi Dunia Usaha Dampak Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kota Bekasi, spiritnews.co.id – Pandemi Covid-19 mengakibatkan turbulensi yang sangat keras bagi dunia usaha, baik dunia industri besar sampai kelas UMKM. Turbulensi ini menjadi tantangan sangat berat dengan rendahnya daya beli di pasar dalam negeri.

Terjadinya penurunan volume produksi mempengaruhi ketahanan usaha dalam pembiayaan operasional usaha seperti tenaga kerja, bahan baku, biaya produksi sampai pemasaran produk dan jasa. Pandemi Covid-19 dengan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) dan Lock Down dibeberapa negara dan Work From Home (WFH) mengakibatkan tenaga kerja dirumahkan dan bahkan PHK.

Bacaan Lainnya

“Melihat situasi iklim usaha yang melemah ,dibutuhkan inovasi dan kejelian dunia usaha untuk bertahan dan bangkit dari keterprukan. New Normal masa yang dimana terdapat kelonggaran dunia usaha untuk bangkit dengan menerapkan Protokol Kesehatan,” kata Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, Selasa (24/06/2020).

Pada masa Pandemi Covid-19 UMKM terpukul sangat keras. Dinas UMKM Koperasi Kota Bekasi bekerjasama dengan TWUP4 dan J&T Pabean Eksport Import Consulting lakukan Webinar utuk menerobos Pasar Produk UMKM di Perdagangan Eksport dimasa New Normal.

“Strategi Usaha Innovatif menjadi kunci utama bangkit dan lepas dari belenggu keterpurukan. Kalau dahulu di tahun 1998, UMKM menjadi hadalan ekonomi bangsa karena UMKM adalah fundamen ekonomi bangsa,” jelasnya.(sam)

Pos terkait