Promosikan Kopi Asal Wanayasa, Pemkab Purwakarta Gelar Festival

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id
Purwakarta Festival Kopi 2018 di Taman Pasanggrahan Padjadjaran Purwakarta, Minggu (29/7/2018).

Kabupaten Purwakarta, SpiritNews-Menjamurnya warung dan kafe kopi di Purwakarta, menjadi peluang besar untuk meningkatkan potensi kopi asli lokal yang berasal dari Wanayasa. Selain kualitas yang juga cukup mumpuni, kopi Wanayasa juga berjenis arabica yang memiliki cita rasa tersendiri.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan apresiasi kepada para petani kopi, dengan mengangkat kembali cita rasa kopi Wanayasa,” ungkap Pejabat Sekretaris Daerah Purwakarta, Moch. Irsyad Nasution dalam pembukaan Purwakarta Festival Kopi 2018 di Taman Pasanggrahan Padjadjaran Purwakarta, Minggu (29/7/2018).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, Purwakarta dahulu merupakan daerah penghasil kopi terbaik, akan tetapi setelah VOC menyerah, petani mulai meninggalkan hal tersebut. “Salah satu penghasil kopi terbaik, waktu itu dikelola oleh VOC akan tetapi bubar karena menyerah. Jadi petani pun ikut bubar, sekarang kita hidupkan kembali,” tuturnya.

Selain itu, banyaknya pengusaha UMKM dibidang kuliner yang berbasiskan warung kopi atau kafe kopi, diharapkan bisa meningkatkan cita kopi Wanayasa ke depan. Apalagi Purwakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata. “Banyak pengusaha yang menjadikan kopi sebagai unggulan. Ke depan Kopi Wanayasa bisa juga disajikan,” ujarnya.

Purwakarta Kopi Festival juga diisi berbagai kegiatan, diantaranya diskusi, pameran produk, hingga hiburan lainnya. Kegiatan tersebut diikuti oleh enam daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat, seperti Purwakarta, Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi.

“Akan banyak acara diisi oleh pakar kopi, termasuk games, yang jelas acara ini kita inginkan peningkatan cita kopi Wanayasa,” ujar Kabid Pariwisata Purwakarta, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Heri Anwar.(rls/SpiritNews)

Pos terkait