HKBP Jatiasih Canangkan Tahun Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

  • Whatsapp
Pelepasan balon sebagai pertanda pencanangan tahun kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup
Pelepasan balon sebagai pertanda pencanangan tahun kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup

Kota Bekasi, SpiritNews-Pucuk pimpinan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing membuka dan meresmikan Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam lingkungan hidup di HKBP Resort Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (22/1/2018).

Acara tersebut dihadiri Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi Abdillah, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumban Tobing, Pdt Resort Jatiasih Simanjuntak, Ketua Panitia Gabarius Simbolon, beberapa utusan gereja HKBP di Kota Bekasi, serta ratusan jemaat HKBP Resort Jatiasih, Kota Bekasi.

Sebelum melakukan peresmian, acara terlebih dahulu dimulai dengan kebaktian, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Ephorus HKBP Darwin Lumba Tobing, Panitia acara Gabarius Simbolon, dan Kadisbangpol Kota Bekasi Abdillah.

Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara sombolis oleh Ephorus, pengurus gereja dan pemerintahan setempat. Ada juga acara pelepasan balon, pelepasan burung merpati, pengguntingan pita klinik dan perpustakaan serta pembunyiaan alarm sebagai tanda bahwa peresmian dan Pembukaan Tahun kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup HKBP.

Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumban Tobing, mengatakan, pencanangan Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam lingkungan hidup ini merupakan kali ketiga yang dilakukannya setelah tahun tahun 2016 lalu mengusung program Tahun Keluarga, tahun pendidikan dan pemberdayaan.

“Pencangan ini merupakan ajakan bagi seluruh jemaat HKBP yang ada didunia untuk menjadi keluarga jemaat yang sehat dan bersih dalam lingkungan hidupnya serta harus peduli dengan lingkungan hidup disekitarnya,” kata Darwin.

Untuk mencanangkan program HKBP 2018 ini, kata Darwin, pihaknya mengumpulkan dan menyumbangkan satu juta liter darah dari HKBP ke pemerintah melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

“Program ini tentunya adalah program yang luhur dan mulia yang patut disambut dan didukung oleh jemaat HKBP yang tersebar di seantero nusantara ini,” ujarnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi yang pesat seperti Era Milenia, era teknologi, era dunia maya, media sosial tal lepas dari pengamatan HKBP. Hal ini menjadi dasar pemikiran pimpinan HKBP untuk menjaga seluruh jemaat agar tidak terjerumus dengan perkembangan teknologi yang negative.

Dalam hal ini HKBP tidak boleh berdiam diri. HKBP harus mampu mengantisipasi dan menghadapi perkembangan teknologi ini. Salah satu program yang sudah berhasil dilakukan dilingkungan HKBP adalah pendidikan sekolah minggu.

“Walaupun belum ada pengakuan secara resmi dari pemerintah, namun peranan HKBP dalam melahirkan serta menciptakan anak-anak bangsa dinegeri sudah tidak terpungkiri lagi. Banyak anak bangsa yang sudah mengambil peran masing-masing dalam mengisi pembangunan di Negeri ini,” ucapnya.

“Biarlah acara pencangan tahun kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup ini dapat menjadi panduan dan pelita bagi seluruh jemaat HKBP menuju masyarakat sehat, bersih, dan cinta lingkungan hidup, serta sejahtera dan optimis dalam menapak masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.(bon)

Pos terkait