BLK Padang Cetak Juru Ukur Tanah Profesional

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Kunjungan kerja Humas Kemnaker dan BLK disambut Kepala BPN Padang.

Kota Padang, SpiritNews-Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Sumatera Barat, di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia telah berhasil mencetak juru ukur tanah berlisensi “Assisten Surveyor Kadester (ASK)” yang profesional.

Para petugas juru ukur lulusan tanah tersebut kini tersebar di sejumlah kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Sumatera Barat, untuk mendukung program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2018.

Bacaan Lainnya

”Banyaknya lulusan SMA/SMK kami didik selama 45 hari di sini dengan peralatan canggih dan instruktur berpengalaman, sehingga setelah lulus mereka langsung siap bekerja di sejumlah kantor pertanahan untuk mendukung program reforma agraria, setelah mendapat lisensi surveyor kadester,” ungkap Kepala BLK Padang, Syamsi Hari.

Baca Juga: BLK Padang Jemput Bola Pelatihan Otomotif Motor dan Listrik

Kepada SpiritNews, laki-laki yang akrab disapa Hari ini mengungkapkan, sejak pertengahan tahun 2017 lalu hingga saat ini, BLK Padang sudah berhasil mencetak 32 orang petugas ukur dan sebagian besar sudah terserap di sejumlah kantor pertanahan.

“Mindset BLK selama ini hanya fokus untuk mendidik pekerja industri. Sekarang ini sudah berubah menjadi multi fungsi, termasuk untuk menjadi konsultan penggunaan dana desa bekerja sama dengan Nagari atau desa mendirikan BUMdes yang sudah gencar di Padang,” jelas Hari yang sudah satu tahun terakhir bertugas di BLK Padang.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pengukuran dan Pemetaan Tanah Kanwil BPN Sumatera Barat, Rivaldi mengaku sangat terbantu dengan adanya petugas ukur lulusan BLK Padang. Karena kehadiran meraka dapat membantu kantor pertanahan kota dan kabupaten di Sumatera Barat dalam menyelesaikan program PTSL 2018 ini.

Berita Lain: BLK Padang Kerjasama dengan BNN Ciptakan Generasi Muda Tanpa Narkoba

“Di kantor pertanahan Padang ini sangat kekurangan petugas ukur, sehingga adanya petugas ukur lulusan BLK yang berlisensi sangat membantu sejali BPN,” bebernya.(sam)

Pos terkait