Butuh Ribuan Pekerja Konstruksi, PLTGU Cilamaya Kerjasama dengan Pemerintah Desa

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Kesepakatan perekrutan tenaga kerja untuk PLTU Jawa Satu Cilamaya diserahkan ke Pemerintah Desa

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa Satu di Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang segera membutuhkan banyak tenaga kerja.

Dalam pembangunan proyek senilai Rp 26 triliun tersebut, butuh 4.600 orang pada masa konstruksi dan 200 orang pada masa operasi.

Bacaan Lainnya

Manajemen Konsorsium Jawa Satu Power membuat mekanisme penerimaan tenaga kerja lokal dengan memberdayakan perangkat desa dan Muspika di Cilamaya Wetan. Suatu forum khusus dibentuk untuk mengurusi rekrutmen tenaga kerja.

Baca Juga : Indonesia Komitmen Membantu Kekurangan Tenaga Kerja di Jepang

Saidina Ali, Ketua Koordinator Forum Tenaga Kerja PLTGU Cilamaya, mengatakan, penyerahan lamaran akan dimulai akhir bulan ini (Maret 2019). Proses lamaran, kata Ali, bisa dilakukan di 12 kantor desa di wilayah Cilamaya Wetan.

“Penerimaan lamaran dilakukan di masing – masing desa. Untuk warga Cilamaya Wetan yang berminat bisa melamar ke koordinator forum di kantor desa masing – masing. Akhir bulan ini bisa dimulai,” kata Ali, Jumat (15/3/2019).

Dikatakan, koordinator forum ditunjuk langsung oleh kepala desa. Ia menegaskan para pelamar tidak dipungut apapun dalam rekrutmen tersebut.

Berita Terkait : Cetak Tenaga Kerja Milenial, Profesional dan Berjiwa Kerja, Bupati Cantik Ini Resmikan BLK KSP di Ciampel

“Warga tidak perlu susah – susah menyerahkan lamaran. Untuk memudahkan, tinggal mendatangi koordinator di setiap desa. Dalam rekrutmen ini, tidak ada pungutan apapun,” kata Ali.

Dalam tahap awal rekrutmen, kata Ali, pihaknya diminta menyalurkan dan menyediakan tenaga helper atau tenaga harian. Sementara ini, kata Ali, Konsorium Jawa Satu Power memang membutuhkan tenaga unskill yang bertugas membantu pengerjaan konstruksi.

“Sebab saat ini belum ada pekerjaan signifikan di PLTGU Cilamaya. Sementara ini, kita fasilitasi langsung lowongan untuk helper dan kenek (konstruksi),” tutur Ali.

Saat ini, pembangunan PLTGU Jawa 1 di Cilamaya mulai memasuki tahap 2 atau tahap konstruksi secara masif. Sebanyak 20 perusahaan domestik dan internasional terlibat dalam proyek tersebut. Pembangkit listrik ini berkapasitas 1.760 Mega Watt ini ditargetkan selesai pada September 2021.(sir)

Pos terkait