Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan

  • Whatsapp

Subang, SpiritNews-Pada tataran praktis operasional, tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab bagi terselenggaranya pembelajaran yang berkualitas. Maka sangat penting setiap tenaga pendidik memiliki kompetensi dan memenuhi standar kualifikasi pendidikan agar pembelajaran mencapai efektivitas dan efisiensinya.
Demikian dikatakan, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciasem, Saeful Hudaya, Selasa (14/3/2017). Menurutnya, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik adalah kompetensi profesional.
Sebagai tenaga profesional, kata Saeful, maka setiap tenaga pendidik senantiasa harus selalu meningkatkan profesionalitasnya. Sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah kerjanya merupakan prioritas utama dalam mengemban tugasnya sebagai kepala UPTD Pendidikan di Kecamatan Ciasem.
Untuk itu pihaknya menekankan kepada seluruh guru-guru dan kepala sekolah untuk senantiasa meningkatkan kompetensi guru. Kebijakan lain yang akan ditekankan oleh Saeful ke depan, yakni menyangkut masalah disiplin kepala sekolah dan disiplin guru-guru.
Hal itu priorutas lantaran penkanan tersebut akan berdampak kepada upaya peningkatan mutu pendidikan di Ciasem.
Di samping itu pihaknya akan senantiasa memberikan motivasi bagi kinerja kepala sekolah dan guru-guru yang sasarannya untuk tercapainya suatu proses pembelajaran yang optimal, sehingga pada akhirnya mutu sekolah dapat ditingkatkan.
Kebijakan ini menurutnya, agar setiap penyusunan program dapat diarahkan melalui proses pembelajaran yang baik, efektif, dan menyenangkan, yang berorientasikan kepada pencapaian tujuan sekolah.
“Begitupun kebijakan kepala sekolah terhadap guru-gurunya juga harus dapat meningkatkan komitmen dengan menerapkan kepemimpinan yang bersifat situasional bagi guru-guru yang komitmen kerjanya biasa, tetapi sikap mereka lebih patuh dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah menerapkan kepemimpinan konsultatif dan partisipatif. Kepala sekolah banyak berdiskusi untuk mendapatkan cara yang disetujui oleh guru-guru,” tandasnya.
Adapun kendala dalam meningkatkan disiplin dan motivasi kerja guru kata Saeful, antara lain, masih adanya sebagian kecil guru yang datang terlambat ke sekolah, masih ada guru yang tidak menyiapkan perangkat pembelajaran dengan lengkap, tidak pernah menggunakan media dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kuncinya, pungkas dia, strategi, kepala sekolah, disiplin, motivasi.(sir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *