Tanggul Irigasi yang Jebol di Banyusari Mulai Diperbaiki

Dandim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosakarya meninjau lokasi tanggul irigasi yang jebol di Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang
Dandim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosakarya meninjau lokasi tanggul irigasi yang jebol di Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Komandan Distrik Militer (Dandim) 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosakarya langsung meninjau lokasi tanggul irigasi yang jebol di Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (27/6/2017).
Pada kesempatan itu, Letkol Arm Ayi Yosakarya mengatakan, tanggul yang jebol tersebut sedang dilakukan perbaikan supaya secepatnya volume air yang mengalir di Saluran Sekunder PJT II kembali normal.
“Bisa dilihat sekarang sedang diperbaiki oleh alat besar. Lagi pengerukan tanah,” kata Ayi kepada wartawan.
Dia juga meminta para petani di wilayah Kecamatan Banyusari untuk bersabar. Karena proses perbaikan tanggul jebol terus dilakukan oleh dinas terkait.
“Saya harap para petani bersabar karena pasokan air terhenti sementara selama perbaikan,” tandasnya.
Kepala Desa Pamakeran, H.Syarifudin mengatakan, tanggul itu jebol karena kondisi tanah yang labil sehingga tidak kuat menahan debit air tinggi.
“Ini murni bencana. Tidak ada faktor sengaja menjebol tanggul di saluran sekunder PJT II jalur Gembongan Pamekaran,” kata Syarifuddin.
Pengamat Pengairan PJT II Telagasari, Dede Supriatna mengatakan, tanggul irigasi tersebut jebol karena kondisi alam. Dimana terjadi hempasan air yang terus menerus setiap hari.
“Faktor jebolnya tanggul SS PJT II di Desa Pamekaran Banyusari akibat hempasan air ke badan tanggul,” ujarnya.
Soal perbaikan tanggul, kata Dede, akan tuntas satu minggu kedepan. “Kurang lebih waktunya satu minggu, perbaikan tanggul tersebut. Kemudian pasokan air dihentikan secara total selama perbaikan,” pungkasnya.(sir)

Pos terkait