Menkes Apresiasi Games PHBS Inovasi Dinkes Bandung Barat

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat, Pupu Sari Rohayati berfoto bersama Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek
Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat, Pupu Sari Rohayati berfoto bersama Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek

Kabupaten Bandung Barat, SpiritNews-Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengapresiasi tiga inovasi games Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) gagasan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat.
Games berisi edukasi kesehatan ini mewakili Jawa Barat pada Konferensi Nasional Promosi Kesehatan ke 7 Kemenkes RI di Jakarta 12-16 September 2017.
“Ular tangga, Kwartet dan games kesehatan berbasis Android ini kami ciptakan sebagai upaya merubah perilaku hidup bersih masyarakat khususnya anak-anak melalui edukasi kesehatan dibalut permainan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat, Pupu Sari Rohayati, Rabu (13/9/2017).
Dikatakan, saat Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan ke stand Jabar menyambut baik inovasi ini, menurutnya permainan ini layak diterapkan pada dunia pendidikan.
“Menteri mengisyaratkan games ini bisa masuk ke sekolah, memang kami upayakan agar games ini memberi edukasi pada anak-anak usia sekolah,” ujarnya.
Tiga games ini dirintis Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat sejak 2016 lalu dan baru diterapkan pada awal 2017 ini. Kartu kwartet PHBS sudah disebarkan ke sejumlah SD di Bandung Barat.
Tujuannya, untuk mengenalkan PHBS sejak dini kepada anak-anak dengan harapan mereka bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai wujud keseriusan Dinas Kesehatan, kata Pupu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk menjadikan kegiatan itu ke dalam ekstrakurikuler sekolah. Para guru dan siswa juga telah diberi sosialisasi mengenai cara bermainnya.
“Bermain kartu ini lebih baik daripada bermain gadget ya. Sebab, kartu ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, siswa juga diajak bersosialisasi sambil bermain kartu ini,” ujar Pupu.(gus)

Pos terkait