Terkait Kendala Pencairan Klaim BPJS Ketenagakerjaan, Ini Penjelasan Toto Suharto

  • Whatsapp
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketengakerjaan Karawang,Toto Suharto
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketengakerjaan Karawang,Toto Suharto
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketengakerjaan Karawang,Toto Suharto
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketengakerjaan Karawang,Toto Suharto

Kabupaten Karawang, SpiritNews– Terkait pemberitaan pencairan klaim di BPJS Ketenagakerjaan Karawang yang susah dicairkan akibat masalah E KTP,Kepala Kantor Cabang BPJS Ketengakerjaan Karawang,Toto Suharto mengatakan, hal tersebut kemungkinan akibat data kependudukan yang tidak terupdate.

Toto mengatakan untuk masalah pencairan atau klaim di BPJS Ketenagakerjaan sudah mulai diarahkan dengan layanan E Klaim,dimana hal ini untuk memudahkan dan terhindar dari percaloan.

Bacaan Lainnya

“Untuk saat ini pelayanan klaim sudah diarahkan dengan E Klaim.Kemungkinan kejadian masalah dalam klaim yang dipersoalkan ini,akibat saat mendaftar masih menggunakan data lama,sehingga kemungkinan ada perbedaan data dalam identitas yang dipakai,”kata Toto menanggapi keluhan Dede Jaenudin (23) warga Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/10/2017).

Toto meminta kepada semua peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan update data,dihawatirkan kejadian seperti ini terjadi.Dan akibatnya seolah klaim tidak bisa dicairkan,sementara syarat yang diperlukan keakuratan data kependudukan menjadi prasarat dalam hal ini NIK.

“Saat ini pemerintah sedang menggalakan NIK satu,sebagai identitas untuk semua akses.Dan kebanyakan peserta BPJS Ketenagakerjaan saat terdaftar menjadi peserta masih identitas lama,dan belum ada update.Jadi ketidak akuratan NIK membuat pengklaiman tidak bisa.”Sebaiknya para peserta BPJS Ketengakerjaan melakukan upadte data,itu bisa melalui perusahaan atau sendiri.Hal ini guna memudahkan saat kalim atau pencairan lainnya,”kata Toto.

Terkait merubah data,atau update data,bisa datangi langsung BPJS Ketengakerjaan,dengan demikian apa yang memang ada masalah terkait data bisa diselesaikan dengan cepat.

“Biasanya memang baru tahu ada masalah,begitu pengurusan.Thau-tahu ada masalah data,dan peserta langsung mengatakan klaim tidak bisa dilakukan.Padahal kalau data yang dimiliki peserta dengan data di BPJS Ketengakerjaan sesuai proses kalim akan cepat,apalagi saat ini sudah ada layanan E Klaim cukup dari rumah tidak harus antri,”terangnya.

Sebelumnya,Dede Jaenudin (23) warga Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur mengaakui kalau ada masalah dalam pencairan di BPJS Ketenagakerjaan Karawang.Dimana Dede mengaku kalau KTP Elektroniknya tidak bisa dipakai karena ada perbedaan NIK dengan kartu keluarga yang ada di BPJS Ketengakerjaan Karawang.(ybs)

Pos terkait