Tahun 2022, PDAM Tirta Bhagasasi Targetkan Pelayanan Air Minum Maksimal

  • Whatsapp

Kabupaten Bekasi, SpiritNews-Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi menargetkan pelayanan penyaluran air bersih di wilayah kerjanya secara maksimal pada tahun 2022 mendatang.

Target pelayanan ini disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim saat menggelar acara “Coffe Morning bersama Insan Pers” di Kantor Cabang PDAM Tirta Bhagasasi di Jalan RA Kartini No.11, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (14/12/2017).

“Sesuai business plann, Direksi telah menargetkan dapat melayani air bersih kepada masyarakat 60 sampai 80 persen dari jumlah penduduk hingga tahun 2022 di Kabupaten Bekasi. Oleh akrena itu, pembangunan IPA dan jaringan perpipaan terus ditingkatkan sejalan dengan target Millenium Development Goals (MDGs) dalam pemenuhan air bersih masyarakat,” ucap Usep.

Sampai sekarang, kata Usep, sejak berdiri tahun 1981, PDAM telah memiliki 11 Kantor Cabang (Karcab) dan 10 Kantor Cabang Pembantu (KCP). Enam dari 12 Kantor Cabang tersebut berada di Wilayah Kabupaten Bekasi dengan tujuh KCP, dan sisanya berada di Kota Bekasi.

Sejak berdiri 36 tahun silam, cerita Usep, PDAM Tirta Bhagasasi telah melalui tahapan-tahapan pendewasaan.

“Sejak berdiri hingga saat ini, PDAM Tirta Bhagasasi telah memiliki 16 Instalasi Pangelolaan Air (IPA) atau Water Treatment Plan (WTP) dengan kapasitas produksi 3.835 liter/detik yang tersambung ke 221.952 pelanggan,” jelasnya.

Tahun 2017, jelasnya, PDAM melakukan penambahan SL sebanyak 12 000. “Progresnya sudah tercapai dan tahun 2018 ini akan kami lakukan juga penambahan SL sebanyak 40.000 di wilayah Cabang Cikarang Selatan, Cibarusah dan Cikarang Utara,” tambahnya.

Selain menggunakan dana APBD dari Pemda setempat guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten dan Kota Bekasi, PDAM Tirta Bhagasasi juga melakukan kerja sama dengan pihak swasta, dengan mengikuti laju pertumbuhan penduduk (I.PP) rata-rata empat persen pertahun.

Sedangkan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan rekening pembayaran air, kata Usep, mereka sudah melakukan kerja sama dengan Bank BNI, BRI, BTN, Bank BJB Syariah, kantor dan juga Retail seperti Indomaret, Alfamart, Lawson Station dan Koperasi Karyawan PDAM Tirta Bhagasasi.(bon)

Pos terkait