Pelanggan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Terus Meningkat

  • Whatsapp
Direktur Umum PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, H. Sugiyanto
Direktur Umum PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, H. Sugiyanto

Kota Bekasi, SpiritNews– Air merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu misi PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi adalah memberikan layanan air minum bagi masyarakat Kota Bekasi yang terjamin kualitas, kapasitas dan kuantitasnya.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap peningkatan konsumen PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi di tahun 2015 jumlah konsumen sebanyak 26.864 . Sementara di tahun 2016 tercatat 28.044 konsumen, lanjut ke tahun 2017 naik 29.343 konsumen.

Bacaan Lainnya

“Pencapaian pelanggan di tahun 2017 sebesar 30 ribu lebih konsumen, namun dari yang terdata 29.343 konsumen itu kan pelanggan yang aktif dan sebagian ada yang tidak aktif kita putus, karena tidak ada yang melakukan pembayaran, “ ungkap Direktur Umum PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, H. Sugiyanto saat berbincang dengan SpiritNews.

Artinya, air yang terjual dengan tingkat pendapatan ini lebih besar dipendapatannya, karena pendapatan itu bisa naik karena ada penyesuaian tarif air. Diakuinya, sejak dia masuk menjabat sebagai Dirum tahun 2015 sudah menyesuaikan tarif tahun 2016 ,

Di  bulan Janurai tahun 2017 , itu posisinya R3 nya dengan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi bedanya jauh. Di PDAM Tirta Bhagasasi itu R3 sudah 93% dari jumlah pelanggan, sedangkan di PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi 20 % kemarin R3.Karena R3 itu menentukan tarifnya ada nada R2 ,R3 dan R4.

“Paling banyak itu harusnya ditarik ke R3, pada tahun 2016 R3 kita baru mencapai 20 . Kemudian yang kurang lebh sekitar 12000, itu saya rubah menjadi R3 ditahun 2017,” jelasnya,

Diakuinya, saat ini konsumen PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi yang masuk ke R3 itu baru sekitar 40 %, jadi masih jauh dari harapan managemen. Kedepan, target harus masuk pencapaian 70 % dari golongan rumah tangga yang R2 itu di angkat dan diposisikan ditempatkan pada tempat profosional di R3, itu paling tidak sampai 70 % .Dengan seperti itu, maka pendapatan akan bagus.

“Dalam hal ini, kita bukan menghitung tarif, tetapi memposisikan konsumen pada tempat yang benar, tidak seperti dulu. Orang kaya dan orang biasa yang pendapatan rendah bayarnya sama. Hal ini juga kita sesuaikan dengan pendapatan masyarakat juga dan sekarang sudah mulai tertib hal tersebut,” tuturnya.

Dari evaluasi tahun 2017, saat ini air di PDAM Tirta Patriot sudah maksimal untuk bisa melayani masyarakat secara keseluruhan.
“Harus ada tambahan produksi yang nanti di distribusikan dari WTP 3 .Di tahun 2018 ini masih proses, diprediksi bulan Maret 2018 mendatang sudah bisa opreasional,” tuturnya. (sam)

Pos terkait