Pilgub Jawa Barat, Pasangan Asyik Berkomitmen Lanjutkan Citarum Harum

  • Whatsapp
Ahmad Syaikhu, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat menanam pohon dibataran Sungai Citarum, di daerah Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat
Ahmad Syaikhu, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat menanam pohon dibataran Sungai Citarum, di daerah Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat, SpiritNews-Pasangan calon gubernur Jawa Barat nomor urut tiga, Sudrajat-Syaikhu (Asyik) berkomitmen terhadap program Citarum Harum.
Komitmen tersebut dibuktikan dengan menanam pohon di bantaran Sungai Citarum di Kampung Rongga, Kecamatan Cihampelas, yang langsung dihadiri Ahmad Syaikhu, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Selasa (20/3/2018).
Menurut Ahmad Syaikhu, pasangan Asyik ini ingin melanjutkan upaya Citarum Harum Bestari melalui tiga langkah strategis, yakni struktural, non struktural, dan kultural.
Adapun struktural, Asyik membuat tanggul sungai secara optimal, normalisasi aliran sungai dengan mengurangi sedimentasi, dan pembuatan drainase di sepanjang jalan di Citarum.
“Non struktural kami buat sumur resapan dengan kebijakan zero run off, lalu pembuatan water treatment oleh perusahaan penghasil limbah, dan mengawasi terhadap pembuang limbah,” kata Ahmad Syaikhu.

Adapun untuk segi kultural, Asyik ingin membudayakan membuang sampah pada tempatnya dan menjadikan sungai sebagai wajah pemukiman.(gus)

Pos terkait