Tahun Depan, Honor Kader Posyandu Karawang Naik Jadi Rp 100 Ribu

  • Whatsapp
Bupati Cellica Nurrachadiana menghadiri acara Jambore Kader Posyandu 2018 di Indo Alam Sari, Karawang Barat, Selasa (24/7/2018).

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana berjanji akan menaikakn honor kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada tahun anggaran 2019 mendatang. Pasalnya, honor kader Posyandu saat ini sebesar Rp 30 ribu per bulan dinilai sangat jauh dari kata layak.

“Nanti saya akan hitung ulang lagi, saya akan rapat dengan Pak Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan Karawang. Kita coba usahakan Rp 100 ribu per bulan untuk setiap kader,” ujar Cellica dihadapan ribuan kader Posyandu, saat membuka acara Jambore Kader Posyandu 2018 di Indo Alam Sari, Karawang Barat, Selasa (24/7/2018).

Bacaan Lainnya

Diketahui, saat ini honor kader posyandu di Karawang hanya sebesar Rp 150 ribu per posyandu setiap bulannya. Dimana setiap posyandu memiliki 5 orang kader, sehingga setiap kader hanya mendapat honor Rp 30 ribu per bulan.

“Saya kira kenaikan honor yang tahun ini bukan per posyandu tapi per kader. Saya salah persepsi, dikira Rp 150 ribu itu per kader. Kalau Rp 30 ribu per kader kasian. Nanti kita coba, bisa enggak kalau honornya jadi Rp 100 ribu,” kata Cellica.

Menurutnya, kenaikan honor hingga Rp 100 ribu merupakan hal yang rasional. Pasalnya, tugas kader posyandu sebagai ujung tombak pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan hidup masyarakat cukup berat. “Tugas mereka berat, ini bukan cuma soal uang, tapi kepedulian pemerintah kepada mereka sebagai penggerak kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, dr. Gunanik Jodjanah mengungkapkan, sedikitnya ada 11.200 kader yang tersebar di 2.274 posyandu se-Kabupaten Karawang.

“Paling sedikit di setiap desa itu ada 5 posyandu. Mayoritas di tingkat Madya, dan kita juga sedang coba mendorong posyandu di tingkat Pratama untuk bisa naik statusnya ke Madya,” katanya.(art)

Pos terkait