Waspadai Faktor Resiko Penyakit Jantung Koroner

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Penyakit kardiovaskular atau penyakit pada sistem pembuluh darah jantung tak terjadi begitu saja. Penyakit ini berproses cukup lama. Menurut Dokter Spesialis Jantung Mandaya Hospital Karawang, dr. Robert E Saragih Sp.JP., penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang menyebabkan gangguan sistem pembuluh darah pada jantung.

“Penyakit ini disebabkan karena terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah jantung oleh kolesterol jahat,” katanya.

Bacaan Lainnya

Faktor resiko penyakit jantung koroner diantaranya adalah merokok, kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi, hipertensi, diabetes mellitus, usia lanjut.

“Faktor resiko ini sifatnya independen dan aditif. Semakin banyak memiliki faktor resiko, semakin besar resiko menderita penyakit jantung koroner,” katanya.

Sekadar mengetahui faktor resiko penyakit tersebut tidaklah cukup. Perlu tindakan untuk mencegah terjadinya penyakit ini. Selain itu, penting untuk mengetahui gejala adanya penyakit jantung.

“Penanganan yang cepat dan tepat, dapat mengurangi dampak buruk yang diakibatkannya,” katanya.

Konsultasikan kepada dokter spesialis Jantung Mandaya Hospital untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung anda.(rls/SpiritNews)

Pos terkait