Pendidikan Bangkit untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/

https://spiritnews.co.id/BAGAIMANA cara untuk menyiapkan generasi emas Indonesia? Jawabannya adalah Pembangunan Pendidikan. Pendidikan harus bangkit untuk menyiapkan generasi emas Indonesia. Masalah pendidikan di Indonesia menjadi salah satu yang perlu dibenahi dan memerlukan pembangunan berkelanjutan. Indonesia membutuhkan pembenahan kualitas pendidikan untuk menjadi negara yang maju serta menciptakan “Indonesia Emas” yang gemilang sesuai cita-cita bangsa Indonesia dari masa ke masa. Pendidikan yang berkualitas merupakan faktor penting untuk menciptakan Indonesia emas di masa depan.

Kemajuan dari berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, sumber daya, teknologi, ekonomi, budaya, pertahanan dan lain-lain diawali dengan majunya kualitas pendidikan di bidang-bidang tersebut. Untuk menciptakan Indonesia emas yang pertama perlu dibenahi adalah bidang pendidikan, baik itu pendidikan akademik maupun pendidikan moral yang mengimbanginya. Dari kualitas pendidikan yang baik dan seimbang tersebut akan terbentuk generasi penerus yang lebih baik pula, yang kemudian disebut generasi emas. Pemerintah menegaskan pemerataan pendidikan dibutuhkan untuk membentuk sumber daya manusia berkarakter dan berdaya saing.

Bacaan Lainnya

Apa itu Generasi Emas? Generasi Emas adalah generasi masa depan sebagai sumber daya manusia (SDM) yang perlu mendapat perhatian serius dalam era globalisasi saat ini karena generasi emas mempunyai peran yang sangat strategis dalam mensukseskan pembanguan nasional. Mutu generasi emas akan menjadi modal dasar bagi daya saing bangsa terutama di era masyarakat berpengetahuan. Peningkatan mutu generasi emas hanya dapat dilakukan melalui pendidikan yang bermutu. Mutu pendidikan secara kontekstual dan utuh, sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Dalam rangka menyiapkan bangkitnya generasi emas Indonesia, diperlukan pembangunan pendidikan dalam perspektif masa depan, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas, maju, mandiri, dan modern, serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi besar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan.

Tahun 2012 hingga 2035 adalah masa menanam generasi emas Indonesia. Oleh karenanya, dalam kurun waktu tersebut pemerintah dan segenap masyarakat terus menggalakkan program pendidikan. Sistem pendidikan masa depan bangsa Indonesia adalah pendidikan yang mengantarkan generasi masa kini menjadi generasi emas Indonesia 2045. Tepat pada tahun 2045 Indonesia mengharap memiliki gold generation yang dapat membangun bangsa kearah yang lebih baik. Menyiapkan generasi 2045 sebagai generasi emas, pemerintah dan perangkat pelaksana pendidikan tetap menjadikan proses pendidikan untuk semua sebagai jalan utama dan menjadikan pekerjaan yang perlu dituntaskan sekaligus, bukan hanya sekadar pemerataan tetapi juga peningkatan kualitas.

Mulai dari gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU), dan perluasan akses ke perguruan tinggi, juga disiapkan melalui pendirian perguruan tinggi negeri serta memberikan akses secara khusus kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi untuk tetapi berkemampuan akademik untuk mendapatkan layanan pendidikan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045, penting bagi dunia pendidikan melakukan perubahan pola pikir. Pendidikan tidak sekadar dimaknai dengan transfer akademik (keilmuan) saja, melainkan dilengkapi dengan karakter. Keseimbangan akademik dan karakter inilah yang perlu disiapkan sejak sekarang. Pemerintah selalu menuntut guru untuk bisa lebih kreatif, inovatif dan inspiratif dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang bermutu untuk menyongsong generasi emas Indonesia. Jika memang guru menjadi kunci utama, seharusnya pemerintah meletakkan kekuasaan penuh terhadap guru untuk menyusun kurikulum serta mengevaluasi.

Menjadi penting bagi Indonesia menentukan kiblat pendidikannya untuk sepuluh atau dua puluh tahun lagi. Saya berharap pemerintah Indonesia meniru kiat-kiat yang dilakukan oleh negara-negara maju lainnya, misalnya Negara Finlandia. Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Finlandia adalah negara yang baik tata kelola pendidikannya, bahkan mengalahkan Amerika Serikat, Jepang, ataupun Jerman. Oleh sebab itu kiblat pendidikan dunia saat ini mengarah ke Negara Finlandia. Banga Indonesia dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa.

Jika kesempatan emas ini dapat kita kelola dan dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi bonus demografi yang sangat berharga. Di sinilah peran strategis pembangunan dan pengembangan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal tersebut menjadi sangat penting. Bagi saya akar dari sebuah negara yang maju adalah sistem pendidikan yang sukses dan baik. Mengapa? Tentu saja karena pendidikan adalah suatu dasar untuk dapat memajukan negara melalui SDM yang terdidik dan terlatih setelah itu baru bisa muncullah suatu pemimpin yang ideal pengetahuannya(pendidikan) dan karakter untuk membangun suatu negara. Oleh karena itu bangkitnya pendidikan sangat berperan penting dalam pembentukan generasi emas.

Penulis:
Siska Susilawati
Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten

Pos terkait