Tes Baca Al-Quran di MIN 30 Aceh Utara Uji Kemampuan Lebih Awal Calon Siswa

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Tes baca Al-Quran bagi calon siswa diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 30 Aceh Utara, di Desa Bujok, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara.
“Pada Penerimaaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MIN 30 Aceh Utara pada tahun ajaran 2019/2020 ini dengan melakukan kegiatan seperti tes membaca surat-surat pendek, doa sehari-hari, huruf hijayiyah, huruf abjad dan angka calon peserta didik baru dan ini bukan bagian dari penentuan seleksi PPDB,” kata Kepala MIN 30 Aceh Utara, H. Muhammad Yusuf, kepada spiritnews.co.id, Jumat (21/6/2019).
Menurutnya, hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui kemampuan lebih awal para calon siswa yang mendaftar di MIN 30 Aceh Utara, khususnya kemampuan baca Al-Qur’an.
“Sehingga rombongan belajar (rombel) juga bertambah. Ini berkat kerja keras para guru dan staf madrasahnya bersama lingkungan setempat. Terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaannya kepada madrasah kami,” ujarnya.
Ketua Panitia PPDB Tahun Pelajaran 2019/2020, Ustadz Ibnoel Hajar, mengatakan, ada 50 calon siswa yang mendaftar, tetapi baru 44 orang yang mendaftar ulang. Jumlah tersebut sedikit selisih yang ditargetkan sebanyak 42 orang mengikuti tes baca Al-Qur’an, pada Kamis (20/6/2019).
“Ada dua orang lagi yang belum kami tes. Akan kami surati orangtua/walinya untuk diuji kemampuan menguasai beberapa materi ujian, baik secara lisan maupun tulisan, seperti yang telah diuji kepada murid sebelumnya,” katanya.
Saat PPDB kami buka, kata Ibnoel, lebih dari 50 lembar formulir yang diambil orangtua/wali murid.(mah)

Pos terkait