Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan kinerja Kader JKN, BPJS Kesehatan Cabang Karawang melaksanakan evaluasi kinerja terhadap kader JKN di Kabupaten Karawang dan Purwakarta bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang.
Adapun Kader JKN dibentuk sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan jumlah kepesertaan dan meningkatkan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan, dengan fokus utama sebagai fungsi pengingat, penagih dan pengumpul iuran.
Kader JKN dalam melaksanakan tugasnya diberikan target yang disebut dengan Peserta Binaan. Peserta binaan Kader JKN adalah masyarakat desa yang sudah menjadi peserta dengan kriteria menunggak dan calon Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).
Kader JKN menjadi salah satu langkah utama BPJS Kesehatan dalam menegakkan kepatuhan masyarakat karena keberadaannya langsung ditengah masyarakat dan dianggap paham akan karakter masyarakat yang dibinanya.
Dalam acara tersebut juga diberi sesi kepada sesama Kader JKN untuk saling sharing apa yang menjadi kendala masing-masing saat bertugas di lapangan. Selain itu juga dilaksanakan penyampaian kinerja Kader JKN dengan pemberian reward bagi kader yang berprestasi.
Dewi Wulandari (31), salah satu Kader JKN yang berasal dari Desa Darangdan Purwakarta, merupakan salah satu Kader JKN yang berprestasi. Dirinya mendapat peringkat kedua setelah Endah, kader JKN dari Purwakarta.
“Ini merupakan tahun kedua bagi saya menjadi Kader JKN, akhirnya saya memutuskan menjadi bagian dari Kader JKN karena dulunya saya merupakan seorang yang minim informasi, akhirnya saya tertarik untuk terjun langsung mencari informasi, dan akhirnya sekarang saya justru menjadi pemberi informasi kepada peserta peserta JKN-KIS di lapangan. Alhamdulillah banyak suka duka yang saya hadapi, namun itu semua tergantung penyampaian kita kepada masyarakat. Jika kita menyampaikan dengan baik, hasilnya pun akan baik,” tutur Dewi.
Diakui Dewi lebih lanjut, evaluasi seperti ini sangat diperlukan guna meningkatkan komunikasi kader JKN dengan BPJS Kesehatan. Dewi berharap BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan performanya terutama dalam menjalin komunikasi kepada masyarakat, karena Komunikasi yang baik tentunya akan membawa hasil yang baik.(rls/sn)