Penggiat Seni Budaya Aceh Gelar Festival Rentak Melayu Raya 2019

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kota Langsa, spiritnews.co.id – Penggiat seni budaya Kota Langsa menggelar Festival Rentak Melayu Raya tahun 2019 untuk melestarikan nilai-nilai seni budaya melayu.
Event festival tersebut dibuka langsung oleh Walikota Langsa Usman Abdullah, yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Jalan WR. Supratman, Desa Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Sabtu (13/07/2019).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Aceh, Jamaludin, mengatakan, festival rentak melayu raya merupakan inisiatif penggiat seni budaya Kota Langsa yang ditindak lanjuti Pemerintah Provinis (Pemprov) Aceh, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
“Festival rentak melayu raya ini merupakan bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai seni budaya melayu. Suku melayu adalah sebuah kelompok etnis dan orang-orang austonesia. Sejarah nama “melayu” berasal dari kerajaan Malaysia yang pernah ada di kawasan Sungai Batang Hari. Event ini memperkenalkan beberapa lokasi potensial sebagai daerah yang memiliki pesona alam di Kota Langsa,“ kata Jamaludin.
Walikota Langsa Usman Abdullah, mengatakan, Kota Langsa dahulunya adalah ibu kota dari Kabupaten Aceh Timur yang terbentuk dari 3 perkauman yang dominan, yaitu Aceh, Gayo dan Melayu.
“Jejak perkauman melayu tersebut hingga kini masih adanya daerah pemukiman warga yang bernama Desa Melayu di Kecamatan Langsa Kota. Sejarah terbentuknya Langsa yaitu atas perintah Raja Aceh kepada salah satu putra melayu minang yang bernama Datok Malela untuk membuka wilayah baru di pantai timur Aceh yang kemudian kita kenal saat ini dengan sebutan Langsa,” kata Usman.
Dikatakan, orang Melayu itu adalah bangsa Austronesia yang terdapat di semenanjung tanah melayu, termasuk orang Malaysia, Thailand, Philipina, dan Madagaskar yang lazimnya berbahasa Melayu, mayoritas beragama Islam, dan berkebudayaan Melayu.
“Kini, kita akan meningkatkan kesepahaman dan kepercayaan sebagai landasan memperkuat persaudaraan antar sesama bangsa melayu di Nusantara khususnya di Kota Langsa serta berharap Festival Rentak Melayu Raya Tahun 2019 ini dapat meningkatkan kunjungan Wisatawan domestik maupun luar Negeri yang datang ke Kota Langsa,“ jelasnya.
Kota Langsa memiliki beberapa objek Wisata andalan diantaranya Hutan Kota Langsa bertempat di Gampong Paya Bujuk Seulemak, Kecamatan Langsa Baro dan Kawasan Eko Wisata Hutan Lindung Mangrove Kuala Langsa serta beragam Wisata Kuliner yang ada di Kota Langsa.(mah)

Pos terkait