Kartu JKN-KIS Harapan Semua Warga Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id-Afifah (1,5) sedang terbaring lemas di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Kabupaten Karawang. Bagaimana tidak, hari itu sudah merupakan hari ke-4 Afifah merasakan demam tinggi hingga 39,8 akibat kehujanan di pekarangan rumahnya. Awalnya, Afifah hanya merasa meriang, namun lama kelamaan suhu badannya terus meningkat.

“Awalnya lemas, meriang, batuk, pilek, ternyata demamnya makin naik terus. Ini sudah yang ketiga kalinya dirawat di rumah sakit. Namanya anak-anak ya memang paling rentan terkena penyakit ya apalagi di musim penghujan seperti ini sudah pasti banyak virus yang cepat menyebar,” tutur Ria, sang Ibu, yang setia menemani putri tercintanya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Afifah merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai anggota keluarga dari peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) di Kabupaten Karawang. Menurut pengakuan Ria, keluarganya sangat terbantu dengan keberadaan Program JKN-KIS. Ria beserta keluarganya selalu rutin menggunakan Kartu JKN-KIS sebagai penjamin setiap kali mereka sakit.

“Alhamdulillah berkat adanya Program JKN-KIS ini kami merasa sangat terbantu. Bisa dibilang ini merupakan kartu andalan kami mulai dari sakit yang tergolong ringan hingga kasus besar, seperti ketika saya melahirkan dengan operasi SC, pembayarannya juga menggunakan kartu JKN-KIS,” tambah Afifah.

Afifah menambahkan, untuk pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sait terhadap dirinya tidak pandang bulu. Ia merasa tidak dibeda-bedakan sebagai pasien dengan penjaminan JKN-KIS dengan pasien umum lainnya. Afifah mengaku pelayanan yang diberikan sama baiknya dengan pasien umum lainnya.

“Untuk pelayanan yang saya dan keluarga dapatkan selama kita menggunakan, alhamdulillah tidak ada pembedaan sama sekali dengan pasien manapun. Pelayanan yang kami dapatkan bisa dibilang mudah dan cepat. Selain itu juga saya tidak pernah dipungut biaya lagi,” jelas Ria.

Lebih lanjut Ria menyebutkan bahwa dirinya tidak dapat membayangkan jika harus membayar sendiri tindakan operasi SC yang didapatkannya sebelumnya. Oleh karenanya, Ria berharap Program JKN-KIS dapat terus berlanjut karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dia juga berharap BPJS Kesehatan selaku pengelola Proram JKN-KIS dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Dirinya yakin Program JKN-KIS membawa manfaat yang sangat banyak kepada orang-orang yang membutuhkan, sehingga sangat perlu untuk didukung. Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika mengalami sakit, karena sudah ada kartu andalan, Kartu JKN-KIS. (ybs/rls)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60