Program JKN-KIS Beri Kemudahan Bagi Pasien Cuci Darah

  • Whatsapp
banner 468x60

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id-Menjadi peserta Jaminan Kesehatan nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memang sangat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat, khususnya pasien yang rutin menjalani cuci darah atau yang lebih dikenal dengan hemodialisis. Bagitu juga yang dialami oleh Triyono (69).
Triyono yang merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang rutin menjalani hemodialisis merasa sangat bersyukur telah bergabung menjadi peserta JKN-KIS. Pasalnya pria yang kini tidak muda lagi sudah 3 tahun belakangan harus melakukan tindakan cuci darah sebanyak 2 kali setiap minggunya.
“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah melalui Program JKN-KIS yang telah memberikan jaminan kesehatan kepada saya. Tidak terbayang sudah berapa banyak biaya yang saya habiskan untuk cuci darah seperti ini dan alhamdulilahnya, kami tidak pernah membayar sedikitpun untuk biaya pengobatan, cukup hanya rutin membayar iuran setiap bulannya,” tutur Triyono.
Lebih lanjut, Triyono menjelaskan bahwa proses atau tahapan dalam melakukan cuci darah yang dilalui Triyono terbilang cukup mudah. Awalnya ia hanya membutuhkan surat rujukan yang harus diperbaharui per tiga bulannya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pilihannya. Namun, proses tersebut kemudian disederhanakan lagi oleh BPJS Kesehatan. Kini, pesien hemodialisis tidak perlu lagi memperbaharui rujukan per tiga bulan ke FKTP, cukup dengan melakukan rekam sidik jari pada rumah sakit rujukan dimana peserta akan melakukan cuci darah.
“Kami sangat senang dengan adanya pemangkasan administrasi tersebut, hal ini memberi kemudahan kepada kami tentunya, tidak perlu repot untuk mengulang ambil rujukan lagi ke FKTP. Semoga BPJS Kesehatan ke depannya terus menyuguhkan inovasi yang memberi manfaat dan kemudahan bagi peserta JKN-KIS,” tambah Triyono.
Selain itu, istri Triyono yang setia mendampingi suaminya saat menjalani cuci darah itu mengaku juga selalu menggunakan kartu JKN-KIS jika sedang sakit. Tak lupa, ia juga menyampaikan rasa terima kasih nya kepada Pemerintah karena telah menghadirkan program yang sangat memberikan banyak manfaat kepada seluruh peserta JKN-KIS, khususnya mereka yang termasuk masyarakat kurang mampu.
“Terima kasih banyak Program JKN-KIS sudah menolong masyarakat kecil seperti kami ini, ini sangat berarti bagi kami,” tutup Winingsih sambil tak kuasa menahan air matanya.(ybs/rls)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60