Pelatihan Pemanfaatan Google Drive Dalam Kegiatan Belajar Secara Daring di Panti Asuhan Aisyiyah Kota Bekasi

  • Whatsapp

PEMANFAATAN Google drive terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya  lewat internet, tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun.

 

Bacaan Lainnya

Oleh :

Abrar Hiswara, Joni Warta, Sri Rejeki, Asep Ramdhani

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer Jalan Perjuangan No 1 Marga Mulya Bekasi Utara.

 

  1. PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang

 Hal yang kita perlukan untuk mengakses file digital hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet. Dengan mengadopsi penggunaan internet sebagai media simpannya, teknologi google drive nyatanya mempunyai banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk yang lain.

Beberapa keunggulan google drive diantaranya mengenai sisi skalabilitas, maksudnya adalah penggunaan google drive dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan perangkat keras, sebuah penyedia layanan google drive bisa meningkatkan daya tampung datanya. Bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas google drive yang diperlukan.

Keunggulan berikutnya adalah aksesibiltas, maksudnya adalah kemudahan ketika  ingi menggunakan layanan tersebut. Dengan adanya teknologi google drive, kita bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan penyimpanan terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat kita masih terkoneksi internet.

Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan google drive terutama bagi siswa-siswi yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat. Keuntungan lain dari teknologi google drive adalah masalah keamanan. Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di google drive dapat terjaga keamanannya.

Tidak hanya itu dengan menyimpan data digitalnya pada google drive akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.

Dapat dikerjakan secara bersama-sama, dari mana saja dan kapan saja dengan penyimpanan yang sangat aman. Secara umum, google drive merupakan catatan pribadi sesorang di internet, yang berisi informasi yang sering di update dan kronologis  yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, web design, olah raga dll. Tetapi ada juga yang lebih seperti jurnal pribadi yang berisi informasi ataupun data seseorang dan file file pekerjaaan.

Manfaat google drive sangat banyak, tergantung dari segi mana dan oleh siapa itu dipandang. Dalam dunia pendidikan pemanfaatan media google drive dapat meningkatan kualitas diri dan kompetensi seorang siswa . Dengan kekuatan yang dimiliki google drive, seorang siswa dapat menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah seperti menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama murid?murid, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru?guru yang lain untuk dipraktekkan di kelas mereka, menuliskan berbagai keluhan mengenai kebijakan sekolah.

Google drive bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan? tulisan juga oleh banyak orang dengan berbagai sudut pandang, sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah. Selain itu dengan memanfaatan media blog memungkinkan seorangguruntuk bertukar pikiran dengan guru lain di manapun, sharing kiat mengajar, bahan ajar dan sebaginya yang semuanya memperlancar kegiatan belajar mengajar dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan pendidikan pada umumnya.

Bagi siswa sarana google drive dapat dimanfaatkan sebagai catatan atas tugas-tugas sekolah, melatih kemampuan menulis maupun share tugas dengan siswa lainnya  Bagaimana dengan situasi objek penelitian, Kami mengadakan pelatihan secara daring tentang Pemanfaatan Google drive di PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTA BEKASI Pada tanggal 25 Agustus 2020  yang lalu

Berikut ini adalah beberapa catatan terkait situasi objek pengabdian:

  • Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Prodi Informatika, Fakultas Ilmu Komputetr. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ini adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para peserta siswa siswi di panti asuhan Aisiyah Bekasi dalam hal ilmu teknologi terhadap kemajuan penerapan teknologi dan informasi.
  2. Memberikan pelatihan tentang pemanfaatan google drive berbasis teknologi sehingga meningkatkan efisien dan efektif dalam penyampaian bahan informasi,.
  3. Memfasilitasi dan memperluas peluang bagi dosen untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai wujud pengimplementasian dari tri dharma perguruan tinggi yang merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat khususnya dalam hal Penerapan Teknologi.

 

1.3     Urgensi Kegiatan

Pengabdian masyarakat ini sangat penting bagi Para Peserta siswa siswi panti asuhan  Bekasi untuk mengayomi para peserta supaya dapat menambah keahlian mereka khususnya dibidang teknologi dalam penerapan basis teknologi yang sekarang ini sangat dibutuhkan mengikuti perubahan generasi adanya media Teknologi.

 

  1. TINJAUAN TENTANG INSTITUSI/MITRA

 

2.1    Mitra Kegiatan

Mitra kegiatan siswa siswi Panti Asuhan Aisyiyah Kota Bekasi. Tim Pengusul pelatihan menetapkan jumlah mitra yang diundang dalam kegiatan pelatihan ini sekitar kurang lebihnya 30 orang peserta .

2.2    Persoalan Mitra

Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan diharapkan dapat menghasilkan suatu luaran sebagai berikut:

  1. Membuka pengetahuan dan wawasan ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan dan menggunakan teknologi dan informasi .
  2. Memberikan pelatihan tentang google drive dalam peran teknologi dan informasi.
  3. Membantu merealisasikan penerapan dan implementasi, sehingga para peserta uk semakin cerdas dan semakin meningkatnya mutu dan kualitas dalam bidang  teknologi
  4. Menerapkan dan menyebarluaskan hasil-hasil pengabdian masyarakat dalam bentuk publikasi dan modul pelatihan kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

2.3    Lokasi dan Status Sosial Mitra

Lokasi mitra berjarak sekitar kurang lebih 2 km dari lokasi Univesitas Bhayangkara Jaya kampus II (Bekasi). Lokasi tersebut berada di lingkungan Bekasi Kota  dan dapat ditempuh dengan sarana transportasi seperti angkutan umum, kendaraaan pribadi seperti mobil dan motor.  Lokasi Mitra juga memiliki jangkauan sarana komunikasi menggunakan telepon biasa maupun telepon seluler serta memiliki jangkauan internet yang memadai.

 

  1. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN

 

3.2    Pelaksanaan Kegiatan

Untuk menunjang kegiatan pengabdian masyarakat ini maka digunakan metode dan waktu yang mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Pelaksanaan Kegiatan dilakukan dalam 5 tahap, berikut rincian metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu:

  1. Metode Observasi.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini saat kondisi sedang pandemi COVID 19, maka pada tahap ini melakukan interview/wawancara online menggunakan WhatsApp dan Googgle Meet  tentang pentingnya penerapan teknologi dan informasi. Selain itu melakukan  pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala/fenomena yang diselidiki, bagaimana lingkungan  masih kurang dalam memanfaatkan teknologi dan informasi yang dikaitkan metode.Berdasarkan atas apa yang telah dilakukan dalam survey yang diuraikan secara rinci pada latar belakang sehingga tema pengabdian kegiatan Webinar dapat segera ditentukan.

  1. Membuat Materi Pelatihan.

Berdasarkan studi pustaka yang telah dilakukan maka dibuatlah materi pelatihan yang dibuatkan dan dilampirkan kedalam laporan pengabdian masyarakat tim kami. Adapun modul pelatihan berbentuk  power point hand out dan video pembelajaran. Isi dari modul materi pelatihan tersebut dibuat sebaik mungkin dengan tata bahasa yang mudah dimengerti dan mudah dipahami.

  1. Menyajikan / melaksanakan

Pelatihan dilakukan pada tanggal 25 agustus 2020, karena pelaksanaannya di tengah adanya masa pemberlakuan PSBB oleh Pemerintah terhadap adanya kondisi Pandemi Covid 19, pelaksanaan pelatihan diberikan berupa  kegiatan Webinar dengan Aplikasi google meet yaitu melakukan presentasi  jarak jauh kepada  para peserta , dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan juga disediakan media classroom dalam komunikasi bahan informasi pelatihan kepada peserta dengan menggunakan google classroom

  1. Membuat Materi Pelatihan.

Berdasarkan studi pustaka yang telah dilakukan maka dibuatlah materi pelatihan yang dibuatkan dan dilampirkan kedalam laporan pengabdian masyarakat tim kami. Adapun modul pelatihan berbentuk  power point hand out dan video pembelajaran. Isi dari modul materi pelatihan tersebut dibuat sebaik mungkin dengan tata bahasa yang mudah dimengerti dan mudah dipahami.

  1. Menyajikan / melaksanakan

Pelatihan dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2020, karena pelaksanaannya di tengah adanya masa pemberlakuan PSBB oleh Pemerintah terhadap adanya kondisi Pandemi Covid 19, pelaksanaan pelatihan diberikan berupa  kegiatan Webinar dengan Aplikasi google meet yaitu melakukan presentasi  jarak jauh kepada  para peserta , dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan juga disediakan media classroom dalam komunikasi bahan informasi pelatihan kepada peserta dengan menggunakan google classroom.

 

3.3     Indikator Keberhasilan Kegiatan PKM

Jika rencana kegiatan  sama dengan pelaksanaan di lapangan, berarti dapat dikatakan sesuai dengan yang diharapkan atau dapat dikatakan berhasil. Ada beberapa indikator keberhasilan penyelenggaraan kegiatan PKM yaitu:

  1. Materi pelatihan. Materi pelatihan direncanakan sesuai dengan materi pelatihan yang telah disiapkan oleh nara sumber, dan hal ini sesuai dengan yang diberikan saat pelaksanaan webinar berlangsung. Pemberian terhadap modul pelatihan telah disusun dengan baik dalam bentuk power point dan video pembelajaran yang diberikan kepada masing-masing peserta pelatihan dengan menggunakan media google classroom yang akan diakses oleh para peserta.
  2. Jumlah peserta pelatihan. Jumlah peserta pelatihan berjumlah kurang lebih 30 orang peserta.
  3. Perhatian peserta. Intensitas perhatian dan kehadiran dari awal acara sampai berakhir acara kegiatan, menunjukkan mereka telah mengikuti acara kegiatan dari awal acara sampai acara selesai dengan baik. Hal ini juga menunjukkan suatu keberhasilan kegiatan.

 

  1. LUARAN KEGIATAN

 

4.1. Luaran Kegiatan

Luaran kegiatan PKM ini diharapkan dapat memenuhi tujuan dan manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini  yaitu:

  1. Respon positif dari peserta pelatihan diukur melalui observasi selama pelatihan berlangsung dengan memberikan beberapa pertanyaan langsung saat pelatihan berlangsung.
  2. Meningkatnya keterampilan peserta pelatihan saat pemberian tugas-tugas, contoh, latihan selama pelatihan dan selama proses pendampingan secara during yakni menggunakan media google meet.

 

5. KESIMPULAN DAN SARAN

 

5.1       Kesimpulan

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Telah dilaksanakan pelatihan google drive kepada peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang dan berjalan dengan baik.
  2. Peserta dapat memiliki keterampilan dalam menggunakan google drive.

5.2    Saran

Berdasarkan pelatihan PKM yang telah dilakukan maka disarankan:

  1. Keterlibatan Pengurus Panti dan Jajarannya setempat untuk senatiasa memantau aktifitas peserta yang berhubungan dengan kegiatan pengabdian.
  2. Diperlukan pelatihan lanjutan yang mendukung aktifitas dalam proses belajar mengajar.

(*)

Pos terkait