Angka Kematian Covid-19 Aceh Susul CFR Nasional, 78 Orang Sembuh Lagi

  • Whatsapp

Kota Banda Aceh, spiritnews.co.id – Angka kematian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Case Fatality Rate (CFR) Aceh 3,51% menyusul angka kematian Nasional yang sekitar 3,45%.

Sedangkan angka kesembuhan (recovery rate) Aceh 73,60% dan Nasional 79,19%. Penderita yang dilaporkan sembuh bertambah lagi sebanyak 78 orang, dan kasus konfirmasi baru 79 orang.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani akrab disapa SAG, Rabu, (21/10/2020). Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota terus meningkatkan kapasistas sistem kesehatan di tengah pandemi saat ini, untuk meningkatkan peluang sembuh dan memperkecil risiko kematian penduduk akibat Covid-19.

Menurutnya, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT menyurati bupati/walikota agar mempersiapkan fasilitas perawatan Outbreak Pinere (Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) minimal 10% dari jumlah tempat tidur yang tersedia.

“Alhamdulillah, semua RSUD di Aceh sudah memiliki tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang harus diisolasi di rumah sakit,” katanya.

Ia menjelaskan, 26 RSUD di seluruh Aceh sudah memiliki fasilitas perawatan/isolasi penderita Covid-19, dengan kapasitas tempat tidur yang bervariasi. Secara umum, kini sudah tersedia 58 tempat tidur ICU (Intensive Care Unit), dan 668 tempat tidur isolasi di seluruh Aceh.

Namun demikian, lanjutnya, tidur di atas tempat tidur RSUD bukan pilihan melainkan harus dihindari, dengan cara menjalankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

“Wajib jaga jarak dan tidak berkerumun, wajib pakai masker, dan wajib cuci tangan memakai sabun, sesering mungkin. Tidur beralaskan tikar di rumah tetap jauh lebih nyaman dan aman daripada di atas tempat tidur beralas kasur rumah sakit,” katanya.

Lebih lanjutnya dikatakan, kasus Covid-19 Aceh secara akumulatif, terhitung sejak 27 Maret 2020. Jumlah akumulatif kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 6.844 orang.

“Penderita yang  dirawat saat ini 1.567 orang, sembuh 5.037 orang, dan 240 orang meninggal dunia,” ungkapnya.(mah)

Pos terkait