Pemkab Purwakarta Siapkan MPP untuk Mempermudah Pelayanan Masyarakat

  • Whatsapp

Kabupaten Purwakarta, spiritnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan birokrasi, beberapa daerah di Indonesia telah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai bentuk pembaharuan dan pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang dikombinasikan dengan menggunakan teknologi informasi.

Hal ini pulalah yang menjadi salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, yaitu dengan menghadirkan MPP pada Kabupaten Purwakarta. MPP merupakan fasilitas yang ditawarkan oleh pemda Purwakarta bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan birokrasi secara terpadu dan cepat. MPP tersebut diberi nama MPP Bale Madukara.

Bacaan Lainnya

MPP Bale Madukara memberikan pelayanan dengan sistem pelayanan yang Terkolaborasi, Satu Pintu, Rekreatif, Inovatif dan Amanah (Ksatria). Terdapat sekitar 185 layanan dari 34 instansi yang terdiri dari 16 OPD Purwakarta, 9 Intansi Vertikal dan 1 intansi dari Provinsi, 8 BUMN dan BUMD.

Adapun yang menjadi target utama dalam pemberian pelayanan MPP yaitu kepuasan masyarakat dan efisiensi dalam penerapan standar pelayanan. Doni (38), merupakan seorang warga hadirnya Bale Madukara di Kabupaten Purwakarta.

“Tentunya kami masyarakat sangat penasaran dengan hadirnya Mall Pelayanan Publik ini. Kebetulan saya seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan sedang ingin mengubah data kepesertaan saya. Sambil melihat-lihat ada pelayanan apa saja di sini, saya mampir ke pelayanan BPJS Kesehatan pada MPP ini. Alhamdulillah petugasnya sangat ramah dan memberikan informasi yang sangat membantu saya. Menurut saya dengan adanya pelayanan BPJS Kesehatan pada MPP ini sangat memberi kemudahan bagi masyarakat, karena bisa dapat melakukan dua atau tiga pengurusan birokrasi sekaligus, tidak perlu keluar ongkos banyak dari satu kantor instansi ke instansi lainnya, cukup hanya datang ke MPP ini,” ucap Doni saat ditemui Tim Jamkesnews.

Diakuinya, apresiasinya kepada Pemkab Purwakarta yang telah menghadirkan MPP Bale Madukara. Doni juga mengapresiasi BPJS Kesehatan yang turut hadir dalam MPP Bale Madukara tersebut, karena menurutnya hal tersebut memberi suasana baru bagi peserta JKN-KIS yang hendak melakukan pengurusan kepesertaannya.

Melalui petugas Duta BPJS Kesehatan pada MPP tersebut, Doni mengetahui pelayanan BPJS Kesehatan lainnya seperti Mobile JKN, Chika, Vika, serta Pandawa. Doni pun berharap BPJS Kesehatan terus meningkatkan inovasi dan pelayanannya.(ybs)

Pos terkait