Tim Gabungan TNI – POLRI Gagalkan Ilegal Logging di Kecamatan Langkahan

  • Whatsapp
Illustrasi

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Anggota Babinsa Koramil 29/LKH, Kodim 0103/Aceh Utara, mendapat informasi dari masyarakat bahwa pada Selasa (09/2/2021) malam akan ada mobil Truck Colt Diesel yang bermuatan kayu ilegal melintasi jalan penghubung antar Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara dan Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur.

Atas informasi itu, prajurit Kodim 0103/Aceh Utara dibantu anggota Polsek Langkahan mengecek lokasi dan berhasil mengamankan sekitar satu ton kayu illegal logging dan satu unit mobil truck Colt Diesel di Desa Gedumbak, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara.

Bacaan Lainnya

Demikian dikatakan Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P dalam rilis tertulis yang diterima spiritnews.co.id, Rabu, (10/02/2021).

Dikatakan, keberhasilan Tim Gabungan TNI/POLRI pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.43 WIB merupakan kerja sama prajurit dibantu anggota Polsek Langkahan dan mengamankan sekitar satu ton kayu illegal logging dan satu unit Mobil Truck Colt Diesel.

“Diduga kuat, kayu ini hasil pembalakan liar di wilayah Kecamatan Langkahan. Jenis kayu yang diamankan adalah kayu Meranti, Kruweng dan Damar,” kata Letkol Oke.

Menurutnya, kayu yang sudah diolah dengan berbagai ukuran tersebut ditemukan di dalam mobil Truck Colt Diesel yang ditinggal kabur oleh pemiliknya pada saat tim melaksanakan penangkapan.

“Kayu illegal logging dan truck Colt Diesel ini dibawa dan diamankan sebagai barang bukti penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Ia mengajak dan mengimbau agar kemponen masyarakat untuk bersama-sama bersinergi menjaga hutan dengan melaporkannya kepada aparat terkait apabila menemukan pembalakan liar sehingga instansi terkait bisa melakukan pencegahan atau penindakan dengan penegakan hukum tehadap oknum pelaku illegal logging.

“Mari kita jaga dan selamatkan hutan dan lingkungan untuk anak cucu kita ke depan,” harapnya.

Danramil 29/Lkh, Kapten Inf Fahrizal, mengatakan, keberhasilan tim gabungan mengamankan sejumlah kayu yang diduga hasil pembalakan liar berkat kerja sama semua pihak.

“TNI tetap konsisten terhadap pemberantasan illegal logging dengan harapan terpeliharanya kelestarian hutan sekaligus melindungi keseimbangan alam,” ungkapnya.(mah)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait