Dinilai Belum Bermanfaat, Komisi B : Perlu Penguatan Fungsi Balai Benih

  • Whatsapp

Kabupaten Magelang, spiritnews.co.id – Balai Benih milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dinilai belum bermanfaat terhadap terhadap untuk sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan masyarakat.

Akibatnya, Komisi B DPRD Provinsi Jateng menilai perlu adanya penguatan fungsi sehingga kinerja balai benih dapat maksimal.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng, Sumanto bersama Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono, saat memimpin rombongan dewan saat berkunjung ke Kebun Benih Hortikultura (KBH) Salaman, di Jalan Magelang-Purworejo Km.16 Margorejo Menoreh, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Rabu (3/3/2021).

Dikatakan Sumanto, dalam rangka memaksimalkan peran balai, baik pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan, pihaknya menginisiasi Raperda tentang Penguatan Fungsi Balai. Diharapkan pula, ke depan balai-balai itu mampu mengembangkan sistem yang modern terutama bidang riset dan teknologi.

”Dengan benih yang unggul, harapannya bisa dinikmati oleh para petani di Jateng sekaligus mampu menghasilkan produksi yang terbaik di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, maupun perikanan,” katanya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng Sri Marnyuni, mengatakan, selain proses pembenihan, juga harus dipikirkan teknologi paska panen.

“Tujuannya, proses mulai dari hulu dan sampai hilir bisa dipantau perkembangannya oleh Pemerintah,” harap Sri.

Plt. Kepala Balai Benih Tanaman Pangan & Holtikultura, Surakarta Darpito Budi, mengatakan, KBH Salaman mempunyai visi sebagai penyedia Benih Holtikultura bermutu varietas unggul sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat. Ia juga mengaku sangat apresiatif dengan munculnya Raperda Penguatan Fungsi Balai tersebut.

“Raperda itu nantinya sangat membantu karena akan menampung kebutuhan balai, baik dari sisi teknologi infrastruktur maupun sumberdaya manusianya,” kata Darpito.

Sebagai informasi, saat ini KBH Salaman mem­produksi beberapa benih ta­naman hortikultura seperti pisang raja bulu kuning, jeruk keprok Grabag, klengkeng, duri­an, dan masih banyak lagi. Dari semua produk tadi, yang menjadi andalan adalah benih pisang raja bulu kuning.(rls/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait