Rumah Edukasi Pusat Budidaya Tanaman Hidroponik dan Produksi Pupuk Organik

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Dalam kunjungannya di Kampung KB Beringas, Bupati Subang H. Ruhimat bersama Kepala Perwakilan BKKN Jawa Barat Drs. Wahidin, M.Kes menyaksikan proses budidaya Maggot di Rumah Edukasi Pengolahan Daur Ulang (PDU) Sampah Organik Bio Konversi Maggot, di Kampung Cibogo, Kelurahan Dangdeur, Rabu (10/3/2021).

Di Rumah Edukasi ini berbagai produk dibudidayakan, seperti, lebah trigona, tanaman hidroponik, budidaya lele, produksi pupuk organik dan lainnya. Rumah Edukasi merupakan sarana untuk mendapatkan informasi dan pendidikan tentang pengolahan serta daur ulang sampah dengan memanfaatkan maggot sebagai unsur pengurainya.

Kepala DP2KBP3A Subang, Dra. Nunung Suryani M.Si, mengatakan, adapun kelompok pengolah yang tergabung di Rumah Edukasi diantaranya KTH Bina Tani Kreatif, KWT Mutiara dan KPT Bina Taruna.

“Terbentuknya Rumah Edukasi di Kampung KB Cibogo ini tidak terlepas dari bantuan dari beberapa instansi dan BUMN, berupa ratusan bibit pohon, 50 unit tong sampah, 2 cator, bak sampah, lebah madu, wastafel cuci tangan dan pelayanan kesehatan,” kata Nunung.

Adapun bantuan 4 unit rutilahu, ban penahan erosi serta hibah lahan berasal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Polsek Subang Kota dan Balitbu Kementerian Pertanian.

Bupati Subang, H. Ruhimat, berharap agar Rumah Edukasi ini dapat menjadi percontohan dan akan berusaha diduplikasi sehingga dapat dibangun pula di wilayah lain sehingga manfaatnya bisa dirasakan pula oleh lebih banyak warga.

“Tentunya demi mewujudkan harapan kita semua, Subang Jawara,” kata Ruhimat.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait