Ekonomi Semakin Terpuruk, Komunitas Seniman Subang Mengadu ke Bupati

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Dampak pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, perekonomian para seniman di Kabupaten Subang semakin terpuruk. Hingga akhirnya harus mengadu ke Bupati Subang, Haji Ruhimat, Rabu (17/3/2021).

Samsu, salah seorang seniman asal Jalupang, mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun ini kondisi para seniman sangat terpuruk ditengah pandemi covid-19, karena tidak bisa menggelar hajatan atau panggung hiburan, terlebih untuk wilayah Subang.

Bacaan Lainnya

“Perekonomian kami para seniman semakin terpuruk, karena tidak bisa mengadakan panggung hiburan. Kami bingung harus bagaimana,” kata Samsu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Subang, Tatang Komara, mengatakan, Dinas Pendidikan mengelola paling tidak 2 kegiatan besar yaitu di bidang pendidikan dan bidang kebudayaan.

Adapun di bidang kebudayaan, kata Tatang, pihaknya telah menerima banyak masukan dan keluhan dari kelompok seniman. Dalam satu tahun terakhir selama pandemi semua kegiatan seniman tertunda. “Tidak ada yang dapat dilakukan selain bersabar,” kata Tatang.

Bupati Subang, Haji Ruhimat, menyampaikan keprihatinanya yang sangat mendalam atas nasib para seniman di tengah pandemi covid-19. Pandemi covid-19 yang melanda setahun ini berdampak pada banyak sektor dan menjadi simalakama.

“Saya minta maaf belum bisa memberikan kebijakan yang memuaskan. Namun, saya akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait hingga memungkinkan mengambil kebijakan terbaik untuk para seniman,” ungkapnya.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait