Mahasiswa UMM Ajak Panti Asuhan Akhlakul Karimah Sadar Kebutuhan Gizi di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Kabupaten Malang, spiritnews.co.id – Mahasiswa PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) kelompok 70 yang dibimbing Sholahuddin Al-Fatih, S.H., M.H., mensosialisasikan kebutuhan gizi sehari-hari, yang dimulai dari membaca komposisi makanan hingga pengetahuan tentang konsep pedoman gizi seimbang.

Kelompok yang beranggotakan 5 orang ini melaksanakan kegiatan tersebut, Senin (22/03/2021), di Musola Panti Asuhan Akhlakul Karimah yang dihadiri oleh 10 anak-anak panti mulai dari yang masih sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Bacaan Lainnya

Tak hanya sosialisasi, kelompok 70 PMM UMM ini juga menyempatkan bermain game tebak kata makanan. Kegiatan ini juga disambut baik oleh pengasuh Panti Asuhan.

“Saya sangat menikmati pembelajaran dari mereka (mahasiswa,red), selain memberikan ilmu yang bermanfaat, mereka juga bisa membuat adik-adik panti senang,” kata Jamiatul Hasanah atau yang biasa dipanggil ibu Cicik, Pengasuh Panti Asuhan Akhlakul Karimah.

Selain memberikan pengetahuan akan pentingnya gizi, kata Jamiatul, anak-anak panti juga diberikan minuman probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan. Kegiatan sosialisasi  gizi ini perlu untuk dilakukan karena mengingat kondisi pandemi seperti saat ini yang mudah sekali terserang penyakit.

Kondisi ini tentunya mendorong anak-anak panti untuk memilih makanan yang cocok terhadap kebutuhan gizi harian. Dengan tercukupinya kebutuhan gizi harian, maka sistem imun di tubuh akan otomatis melindungi tubuh dari serangan penyakit.

“Harapan saya, anak-anak panti paham kebutuhan gizi, maka potensi untuk tetap sehat juga menjadi lebih besar. Selain itu, materi mengenai kebutuhan gizi ini juga membuat mereka lebih sadar khususnya pada setiap kemasan jaanan komersial agar lebih bisa memilah-milah dan membatasi konsumsi gizi yang tidak dibutuhkan,” ungkapnya.(rsl/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait