Pemkab Subang dan Pemprov Jawa Barat Kolaborasi Kembangkan Program Pertanian di Subang

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengembangkan sektor pertanian dan peternakan dengan memanfaatkan lahan tidur di Subang.

Hal ini menjadi pokok bahasan dalam pertemuan antara Bupati Subang H. Ruhimat dengan Kepala Biro Umum Setda Jawa Barat H. Sumasna, ST, MUM. dan Kepala Biro Perekonomian Setda Jawa Barat Drs. Benny Bachtiar, M.Si, di Ruang Rapat Segitiga Rumah Dinas Bupati, Selasa (20/4/2021).

Bacaan Lainnya

Pertemuan itu untuk menyamakan persepsi pengembangan sektor pertanian dan peternakan serta pemanfaatan lahan di Kabupaten Subang demi tercapainya sinergisitas dengan program petani milenial Jabar yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Program sektor pertanian yang sedang dijalankan Pemkab Subang ini diantaranya program YESS, UPLAND dan Subang Integrated Food Estate (SIFE) yang pelaksanaannya atas kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Kementerian Pertanian, Kodam III Siliwangi, Kodim 0605 Subang serta gabungan stakeholder se Kabupaten Subang.

Kepala Biro Perekonomian Setda Jabar Drs. Benny Bachtiar, M.Si, mengatakan, visi gubernur terkait program petani milenial yang diharapakan bisa bersinergi dengan program sektor pertanian di Kabupaten Subang yang diantaranya berkaitan dengan pemanfaatan lahan produktif.

“Serta menanam jenis komoditas pertanian berdasarkan permintaan pasar, agar nantinya petani tidak kesulitan memasarkan hasil pertanian saat panen tiba,” kata Benny.

Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, mengapresiasi serta dukungannya atas tawaran kolaborasi program yang diupayakan Pemprov Jawa Barat dan siap bersinergi mewujudkan visi gubernur Jawa Barat Kang Emil di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

“Saya optimis pertanian Subang dapat berkembang. Dan saya juga bersyukur bahwa kami tidak sendiri,” kata Kang Jimat.

Diakuinya, saat ini Pemkab Subang sedang mengembangkan sektor pertanian diantaranya dengan mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah pertanian, memberdayakan alumni SMK Pertanian dan anak muda agar menjadi petani milenial.

“Kami menyediakan lahan garapan yang akan dijadikan lahan pertanian produktif dengan konsep pertanian dan peternakan yang terintegrasi,” ungkapnya.(rls/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait