Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Raut gelisah tidak bisa disembunyikan dari wajah Rita (40), warga Kabupaten Karawang. Pasalnya Rita sedang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang untuk mengurus kartu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) milik anaknya yang hilang.
Sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Rita beserta keluarganya telah menjadi peserta JKN-KIS sebagai peserta Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara sejak dulu.
“Anak saya sedang dirawat di rumah sakit karena anemia gravis. Kartunya kebetulan hilang, jadi saya mampir ke sini untuk mengurus,” tutur Rita.
Anemia gravis sendiri adalah jenis anemia yang berat. Kondisi ini ditandai dengan kadar hemoglobin yang sangat rendah, yaitu kurang dari 8 g/dL, sehingga penderitanya biasanya membutuhkan transfusi darah. Hingga saat ini, anak Rita masih terbaring di rumah sakit.
“Kemarin saya panik sekali karena kondisi anak sudah sangat pucat dan lemas, saya bawa ke fasilitas Kesehatan tingkat pertama, ternyata menurut dokter di sana harus dirujuk ke rumah sakit. Akhirnya anak saya dibawa ke rumah sakit dan segera mendapatkan tindakan medis dan dirawat. Saya panik karena kartunya hilang. Beruntung ada kartu digital, saya juga baru tahu sekarang sudah ada kartu digital di aplikasi Mobile JKN ya, sangat praktis dan efektif,” tambah Rita.
Dikatakan, aplikasi Mobile JKN besutan BPJS Kesehatan tersebut sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya aplikasi Mobile JKN, masyarakat maupun peserta JKN-KIS menjadi lebih mudah dalam mengurus administrasi kepesertaannya tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor.
Rita pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan yang telah setia menjadi penjamin kesehatan keluarganya selama ini. Setiap kali dirinya atau anggota keluarganya yang lain mengalami sakit, mereka selalu menggunakan Kartu JKN-KIS. Rita mengaku tidak ada kesulitan yang berarti dalam selama menggunakan Kartu JKN-KIS.
Semua proses administrasinya sangatlah mudah. Pun demikian Ketika anaknya hendak dirawat, Rita hanya perlu menunjukkan Kartu JKN-KIS milik anaknya, tim medis segera memberikan pelayanan terbaiknya.
“Saya berharap semoga BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta JKN-KIS. Demikian juga dengan fasilitas Kesehatan yang berhadapan langsung dengan peserta JKN-KIS, saya berharap semuanya dapat terus berkomitmen memberikan pelayanan yang baik demi keberlangsungan Program JKN-KIS,” tutup Rita.(ybs/red)