Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Menjalani masa tua, Popon (62), seorang pensiunan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengungkapkan bahwa dirinya sangat membutuhkan sebuah jaminan kesehatan yang aman dan pasti.
Hal ini dikarenakan berbagai penyakit bisa datang kapan saja di usianya yang sudah tidak muda lagi. Beruntung bagi Popon karena dirinya sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan kartu JKN-KIS, Popon dapat melakukan pengobatan kapan saja tanpa harus khawatir biaya.
“Sebagai seorang pensiunan tentunya yang paling saya khawatirkan sekarang ini ya biaya jika kena sakit. Namanya juga sudah tua pasti sakit-sakit suka datang tiba-tiba. Beberapa waktu lalu saya sempat harus rutin kontrol ke fasilitas Kesehatan karena kolesterol saya tinggi. Alhamdulillah saya pakai Kartu JKN-KIS semua biayanya sudah dtianggung, saya tidak perlu membayar biaya apa-apa lagi ketika sudah selesai berobat,” tutur Popon.
Dikatakan, wanita yang masih memiliki semangat tinggi untuk mengajar ini mengaku bahwa dirinya juga kerap terkena sakit flu. Seluruh pengobatan yang dia lakukan selalu menggunakan kartu JKN-KIS. Hal ini diakuinya karena kepastian yang serta prosesnya yang mudah ketika berobat di fasilitas Kesehatan.
“Beberapa kali saya berobat itu tidak ada kesulitan yang berarti, saya hanya perlu mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Pelayanan dari petugas di fasilitas Kesehatan juga baik, namun tidak menutup kemungkinan untuk terus dilakukan perbaikan, biar makin bagus lagi kedepannya,” katanya.
Di sisi lain, Popon juga mengapresiasi pelayanan di BPJS Kesehatan di kantor cabangnya. Menurut Popon, pelayanan di kantor BPJS Kesehatan juga sangat cepat dan baik.
“Petugas di sini ramah dan jelas dalam mengarahkan harus apa dan kemana dulu. Di era pandemi seperti ini sebetulnya cukup takut untuk keluar, tapi di sini saya melihat protokol Kesehatan sangat diterapkan dengan baik. Mulai dari masuk di depan tadi hingga petugas pelayanan di dalam, semuanya mengajak kita untuk menerapkan standar protokol Kesehatan,” terang Popon.
Popon pun berharap baik pelayanan di fasilitas Kesehatan maupun di kantor BPJS Kesehatan dapat terus semakin ditingkatkan lagi, agar peserta JKN-KIS semakin nyaman dan bangga menggunakan Kartu JKN-KIS.(rls/red)