Mahasiswa UMM Ajarkan Masyarakat Desa Tegalgondo Mengolah dan Memasarkan Susu Kurma

  • Whatsapp

Kabupaten Malang, spiritnews.co.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah besar. UMKM sendiri dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Dilihat dari kondisi Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan perekonomian dampak dari Covid-19 sehingga diberlakukannya pembatasan kegiatan. Maka dari itu UMKM tidak berjalan dengan efektif. Padahal UMKM ini dapat mendorong bangkitnya perekonomian Indonesia.

Bacaan Lainnya

Inilah menjadi salah satu program mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 10 Gelombang 5 yang sedang melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Dini Nayunda, salah seorang mahasiswa, mengatakan, pihaknya membantu masyarakat Desa Tegakgondo untuk proses pengolahan produk susu kurma serta memasarkannya baik dalam bentuk online maupun offline. Niat baik mahasiswa ini disambut hangat oleh UMKM Tegal Arum.

“Kegiatan ini bukan semata-mata hanya untuk melaksanakan kewajiban dalam program kerja. Melainkan bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang sesuai dengan peraturan UMM dan UMKM itu sendiri. Serta bagaimana cara mahasiswa memberikan pemahaman mengenai penjualan produk secara online yang sesuai dengan apa yang kita ketahui. Sehingga nantinya akan menjadi bekal di dalam kehidupan,” kata Dini, dalam rilis yang diterima spiritnews.co.id, Minggu (11/7/2021).

Diakuinya, mahasiswa Kelompok 10 Gelombang 5 PMM UMM 2021 ini membantu dalam pemrosesan pemasaran melalui online dan offline.

“Pemasaran online yang kami lakukan melalui media sosial instagram dan whatsapp. Sedangkan untuk pemasaran offline, kami tawarkan ke masyarakat Desa Tegalgondo. Untuk memasarkan onlinenya kita hanya cukup mengelola pemesanan kemudian kita sampaikan kepada pekerja UMKM tersebut,” katanya.

Hal itu sangat mendukung untuk menyukseskan pemasaran produk olahan Susu Kurma Tegal Arum.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu UMKM Pusat Olahan Susu Kurma Tegal Arum dalam pemasaran onlinenya maupun offline,” ungkapnya.(rls/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait