Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Sangat bersyukur telah menjadi bagian dari Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), begitu yang diungkapan ibu 3 orang anak, Maida (29).
Kini telah memiliki jaminan kesehatan yang dapat memberikan jaminan yang pasti dan cepat jika terkena musibah sakit. Maida menceritakan bahwa dirinya pernah memanfaatkan kepesertaan JKN-KIS-nya saat ia harus menjalani rawat inap selama 5 hari akibat sakit tipes yang dideritanya.
“Waktu itu saya demam sudah beberapa hari, badan meriang kedinginan dan pegal sekali. Akhirnya saya segera dilarikan ke instalasi gawat darurat karena kondisi saya sudah sangat lemas. Beruntung saya sudah menjadi peserta JKN-KIS didaftarkan oleh tempat saya bekerja sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU). Segala biaya perawatan saya ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” kata Maida, Rabu (28/7/2021).
Dikatakan, wanita yang sehari-hari bekerja sebagai security ini mengakui bahwa memiliki jaminan kesehatan sangatlah penting. Mengingat musim penyakit seperti sekarang ini, menurutnya seseorang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan pasti dengan hanya dengan kartu JKN-KIS. Dia kerap menggunakan kartu JKN-KIS, prosesnya sangat cepat dan pelayanan yang didapatkan pun selalu memuaskan.
“Dari segi pelayanan saya sangat puas, apalagi dari segi pembiayaan. Bagi saya Program JKN-KIS sangat membantu. Setiap saya berobat saya tidak pernah diminta biaya tambahan. Apalagi saya memiliki 3 orang anak yang masih kecil-kecil, kita tidak bisa menghindari kapan sakit-penyakit, mereka masih sangat rentan terkena demam, batuk, pilek atau bahkan gangguan pencernaan seperti itu. Oleh karenanya kami percayakan jaminan kesehatan kami kepada Program JKN-KIS,” katanya.
Di sisi lain, Maida juga sangat mengapresiasi inovasi yang terus ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan terhadap pesertanya. Menurutnya, berbagai kemudahan melalui aplikasi digital yang disuguhkan oleh BPJS Kesehatan sangatlah membantu peserta JKN-KIS.
“BPJS Kesehatan sangat baik dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Banyak sekali aplikasi yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS, mulai dari Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA, Chika, Vika, dan masih banyak lagi. Semuanya dapat langsung diakses hanya melalui ponsel pintar kita masing-masing. Semoga BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan inovasinya agar Peserta JKN-KIS semakin dapat menikmati kemudahan pelayanan Program JKN-KIS,” ungkapnya.(ybs)