Peringatan Hari Pramuka ke 60, Kang Akur : Penggerakan Pramuka Harus Berbakti Tanpa Henti

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menegaskan agar Pramuka berbakti tanpa henti.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, saat bertindak menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat Cabang Subang tahun 2021, di halaman Puri Kitri Pramuka Kwarcab Subang, Sabtu (14/8/2021).

Bacaan Lainnya

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang menyebutkan bahwa 14 Agustus 2021 merupakan hari yang disambut dengan sukacita oleh para anggota gerakan Pramuka, karena organisasi kepramukaan telah genap berusia 60 tahun.

“Sekalipun sesungguhnya gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah pecah melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut gerakan Pramuka,” kata Kang Akur.

Tema Hari Pramuka dan peringatan 60 tahun gerakan Pramuka tahun ini adalah “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi Kebiasaan Baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”.

Gerakan Pramuka meskipun bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

“Pramuka harus melaksanakan dua gerakan. Gerakan kedisiplinan nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan Simpati menolong sesama,” katanya.

Ia mengajak para Pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku. Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luar agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19.

“Penggerak Pramuka terus berkegiatan kepramukaan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas Pramuka dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tidak melanggar protokol kesehatan namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira. Dari kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat yang juga meningkatkan imunitas tubuh,” jelasnya.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait