Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dalam rangka menjawab kebutuhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan telah melaksanakan Program BPJS Kesehatan Siap Membantu (BPJS SATU!) yang sedianya hadir secara langsung ke rumah sakit untuk memberikan informasi serta wadah bagi peserta JKN-KIS yang hendak menyampaikan pengaduan pelayanan. Sebagai salah satu petugas BPJS SATU!, Adit menyebutkan bahwa timnya dapat melayani puluhan pengaduan setiap harinya.
“Sebelum adanya pembatasan karena pandemi, biasanya saya turun langsung ke rumah sakit untuk menjawab pertanyaan serta pengaduan dari peserta JKN-KIS di rumah sakit. Saya juga memberikan informasi-informasi seputar Program JKN-KIS dan segera menangani pengaduan yang disampaikan oleh peserta JKN-KIS tersebut. Namun karena sekarang masih ada pembatasan, pelayanan tersebut saya berikan secara online paling banyak lewat telepon. Hal ini tentunya tidak mengurangi kualitas layanan yang kami berikan sebagai Petugas BPJS SATU!. Semua pengaduan harus segera kami tindaklanjuti karena nantinya akan dilaporkan dan difeedback apabila tidak kita layani,” jelas Adit.
Di sisi lain, Aan Sumarni (53), salah seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah PNS Daerah menuturkan bahwa dirinya merupakan pasien rawat jalan pada salah satu rumah sakit di Karawang yang telah merasakan langsung manfaat dari hadirnya petugas BPJS SATU!. Aan mengalami sakit kaki dan saat ini sedang perawatan Fisioterapi.
“Dengan adanya BPJS SATU! ini saya sangat terbantu sekali karena memudahkan saya untuk mendapatkan informasi yang saya butuhkan. Jadi saya tidak perlu datang kekantor BPJS Kesehatan, cukup dengan via telepon saja. Pelayanan BPJS SATU! sangat baik, mudah dan informatif,” tutur Aan.
Selain melalui BPJS SATU!, peserta JKN-KIS juga dapat secara langsung menyampaikan pengaduan seputar pelayanan dengan mengakses berbagai kanal pengaduan lainnya, seperti Care Center 1500400 yang hadir 24 jam serta Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh pada ponsel melalui playstore atau Appstore.
Adit pun menyampaikan harapannya agar peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan kanal-kanal pengaduan tersebut, dengan demikian seluruh kendala yang dihadapi peserta JKN-KIS dapat segera langsung terselesaikan dengan baik.(ybs)