PT. Pegadaian Resmikan Rumah Digital Pegadaian di Pelabuhan Ratu

  • Whatsapp

Kabupaten Sukabumi, spiritnews.co.id – Melalui program Bina Lingkungan Pegadaian, PT. Pegadaian (Persero) meresmikan Rumah Digital Pegadaian (RDP) di Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, belum lama ini.

Dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT. Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan, mendampingi Asisten Deputi Kementerian BUMN, Agus Suharyono peresmian tersebut.

Bacaan Lainnya

Damar mengatakan, di atas peti mati prajurit terbaiknya adalah masyarakat pelosok yang telah mengirimkanpermohonan bantuan untuk kembangkan sarana-prasarana infrastruktur jaringan internet.

Menurutnya, hal itu dilakukan pihaknya guna mempermudah masyarakat desa setempat menemukan signal jaringan internet untuk membuka cakrawala dunia melalui sejumlah platform pada teknologi era digital 4.0.

“RDP ini merupakan program Bina Lingkungan Pegadaian yang memperhatikan terhadap lingkungan sekitar agar tetap berkomitmen tinggi dalam menjalankan program-program sosial yang selaras dengan program tujuan pembangunan berkelanjutan, dan digagas oleh pemerintah,” kata Damar, dalam keterangan resminya kepada awak media, Selasa (31/08/2021).

Program RDP yang diresmikan di Desa Cihaur ini tepat berada di bagian selatan dari Pelabuhan Ratu Sukabumi, merupakan salah satu desa yang cukup jauh dari pusat perkotaan. Terlebih di desa itu menurutnya sangat susah untuk menemukan signal maupun jaringan internet.

“Atas hal itu lah yang membuat pak Kepala Desa (Kades) Cihaur, Anwar mengajukan permohonan bantuan pengadaan sarana-prasarana jaringan internet kepada kami. Melalui program RDP yang telah diresmikan ini, semoga masyarakat di desa ini dapat menikmati layanan jaringan internet yang tersedia dan menggunakannya dengan baik untuk membuka cakrawala dunia,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun wartawan, diresmikannya program RDP itu merupakan partisipasi yang dilakukan pihak PT. Pegadaian (Persero) dalam Program Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN) Kementerian BUMN.

“Di mana untuk menikmati koneksi jaringan internetnya ini, sudah dipasang di 2 tempat. Yaitu di Kantor Desa Cihaur, dan salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Desa Cihaur,” kata dia.

Asisten Deputi Kementeria  BUMN, Agus Suharyono, mengatakan, dengan diresmikannya program tersebut ia berharap dengan adanya penyediaan pelatihan, bantuan UMKM, serta perpustakaan digital dan konvensional ini, dapat membantu masyarakat juga para peserta didik, khususnya yang ada di Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

“Berharap agar dapat tumbuh dan berkompetisi, minimal di Kecamatan Simpenan khususnya wilayah Sukabumi karena berbagai potensi yang ada di Desa Cihaur dapat terus dikembangankan. Pemerintah dan BUMN, sama-sama mempunyai tanggung jawab untuk meringankan beban masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak terus bergandeng tangan untuk memberikan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitat,” harapnya.

Kepala Desa Cihaur, Anwar menyampaikan bahwa semua masyarakat di desanya tersebut sangat berterima kasih kepada PT. Pegadaian (Persero) atas perhatian dan bantuannya yang disambut baik oleh masyarakatnya.

“Semoga Pegadaian tetap eksis, maju, dan terus berkembang pesat sehingga dapat terus membantu masyarakat sekitar. Peresmian program itu, merupakan puncak penyerahan RDP (Rumah Digital Pegadaian) yang selama ini penggunaannya telah dinantikan oleh kami semua, masyarakat Desa Cihaur,” ungkapnya.(rls/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait