Cara Mengetahui dan Mengatasi Berita Hoax

  • Whatsapp

ARTI BERITA menurut Ni Luh Ratih Maha Rani dalam Jurnal Ilmu Komunikasi : Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta ide terbaru yang benar, menarik atau penting bagi sebagian masyarakat, yang melalui media seperti media massa, media internet dan media lainnya.

Penulis : Hery Subandri

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Jadi berita adalah suatu informasi yang bisa kita dapatkan melalui media yang tersedia. Berita yang akurat atau fakta adalah berita yang benar adanya atau memang sebuah kejadian yang memang terjadi bukan di buat-buat atau pemalsuan.

Di era modern ini kita bisa mendapatkan berita atau informasi dengan mudah, akan tetapi kita tidak boleh menelan begitu saja berita atau informasi yang kita dapatkan karena ada begitu banyak berita atau informasi yang hoax (palsu).

Berita atau informasi yang kita dapatkan harus kita teliti terlebih dahulu sebelum kita menyebar luaskannya. Berikut beberapa cara agar kita dapat mengetahui berita tersebut hoax (palsu) atau bukan :

  • Mencermati judul termasuk provokatif atau bukan

Berita hoax (palsu) biasanya sering menggunakan judul yang provokatif, contohnya dengan langsung mengarah kepada pihak tertentu. Isi dari berita atau informasinya biasanya juga mengambil dari media resmi akan tetapi diubah oleh pembuat berita agar membuat persepsi sesuai yang di kehendaki pembuat hoax (palsu)

  • Mengetahui asal atau dari mana berita itu kita dapatkan

Untuk informasi yang diperoleh dari website atau link, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Apabila berasal dari tersebut yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi, misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan

  • Analisis fakta dari berita tersebut

Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Sebaiknya jangan percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik atau pengamat.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa saat kita mendapatkan informasi, kita harus mencermati berita atau informasi yang kita dapatkan tersebut. Dan kita juga mencari kebenaran dari berita atau informasi sebelum kita menyebarkannya.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait