Pengaruh Komunikasi Bisnis dalam Lintas Budaya

  • Whatsapp

DALAM kehidupan sosial manusia, pasti tidaklah lepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari suatu pihak kepada pihak lain agar saling memengaruhi antar keduanya.

Penulis : Aufa Naili

Bacaan Lainnya

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Sedangkan, komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal atau non-verbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya suatu daerah, wilayah, dan negara.  Lintas budaya yang dimaksud dalam hal ini tidak hanya yang terjadi antar negara, melainkan juga budaya yang tumbuh dalam suatu negara.

Melihat perkembangan era perdagangan bebas dan globalisasi, komunikasi bisnis lintas budaya tentu menjadi elemen yang sangat penting dari berbagai aspek, salah satunya dapat terjalin kesepakatan bisnis antar pihak.

Hal ini juga dapat membuka peluang perusahaan multinasional untuk dapat masuk ke suatu negara serta didorong oleh perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat.

Maka peran komunikasi bisnis lintas budaya juga makin penting untuk menghindari kesalahpahaman dengan orang lain yang berbeda budaya.

Indonesia menjadi salah satu contoh negara dengan berbagai macam aneka budaya sehingga para pelaku bisnis dapat menerapkan komunikasi bisnis lintas budaya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing, termasuk cara berkomunikasi, cara memperlakukan orang lain, sampai cara berpakaian. Hal ini penting untuk diperhatikan dengan maksud menghindari kesalahan fatal yang dapat mengakibatkan kegagalan bisnis.

Peran yang akan dimainkan oleh seseorang ditentukan dari budaya yang ada, seperti  dengan siapa seseorang  berkomunikasi, apa yang mereka komunikasikan, dan bagaimana mereka berkomunikasi.

Jandt (2004: 4) mengatakan bahwa komunikasi antar budaya tidak hanya komunikasi antar individu tetapi juga di antara kelompok-kelompok dengan identifikasi budaya yang tersebar. Artinya komunikasi lintas budaya antar individu dan kelompok memiliki persepsi yang berbeda baik dalam perilaku maupun interpretasi.

Contoh penerapan komunikasi lintas budaya dalam dunia bisnis sangatlah luas. Salah satunya dapat dilihat dari sebuah perusahaan besar yang sering mengadakan pertemuan besar dengan melibatkan berbagai pihak dari berbagai negara.

Kendala bahasa dan budaya sering kali menjadi permasalahan utama yang dapat menghambat proses transaksi bisnis sampai kegiatan pemasaran atau lainnya. Proses pemasaran atau periklanan produk memiliki peran penting guna meningkatkan produk dan keuntungan perusahaan.

Perusahaan perlu menghargai setiap budaya yang berlaku di wilayah perusahaan tersebut serta melakukan proses pemasaran diperlukan komunikasi efektif.

Maka dari itu komunikasi lintas budaya menjadi hal yang penting dan patut kita perhatikan, karena selain dapat memberikan dampak baik bagi diri kita sendiri tetapi juga berdampak pada pihak lain.

Dengan kita melakukan komunikasi lintas budaya utamanya dalam dunia bisnis dapat mencegah dari kesalahpahaman dan terhindar dari berbagai macam konflik apalagi ketika memasuki dunia kerja yang berhubungan dengan antar budaya.

Dapat disimpulkan bahwa komunikasi dan budaya memiliki hubungan yang bersifat timbal balik. Hal itulah yang perlu kita pahami sehingga dapat membantu kita lebih dekat dengan pihak lain dan begitu juga sebaliknya.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait