Peran Teknologi Dalam Lintas Budaya Pada Kelancaran Komunikasi Bisnis

  • Whatsapp

DI ERA digital ini teknologi sudah sangat di butuhkan semua orang karena dengan kecepatannya dalam mengetahui segala sesuatu. Tentunya dengan itu juga membantu orang orang yang pekerjaannya berkaitan dengan lintas budaya untuk mengetahui apa yang belum diketahui pada daerah partner dalam bisnis maka dari itu sangatlah penting teknologi demi kelancaran pekerjaan atau bisnis.

Penulis : Dike Ayu Lestari

Bacaan Lainnya

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Mengetahui kebiasaan suatu daerah adalah salah satu kunci agar memperlancar jalannya suatu bisnis, ketika bisa terkoneksi dengan beberapa daerah maka dengan itu juga bisa meningkatkan lancarnya suatu bisnis dengan sangat baik. Koneksi dan teknologi inilah yang akan membantu proses perkenalan suatu bisnis ke banyak orang sebagai fasilitas dalam melakukan bisnis di lintas budaya.

Komunikasi lintas budaya merupakan sebuah komunikasi ataupun dialog antara orang-orang yang memiliki kebudayaan beragam. Seperti dapat diberikan contoh bahwa negara Indonesia memiliki beberapa pulau.

Oleh karena itu terdapat banyaknya bahasa dan budayanya juga. Tentu saja Indonesia dikatakan sebagai negara yang memiliki kebudayaan yang beragam.

Hal ini akan mendapati kesulitan serta hambatan untuk berkomunikasi pada lintas budaya, sehingga akan membutuhkan saluran, teknologi, bantuan untuk memperlancar komunikasi dalam bisnis mereka.

Pada saat ini, Indonesia sudah memasuki era digital dengan munculnya digital jaringan internet pada komputer, handphone. Sehingga dengan adanya teknologi saat ini akan memudahkan manusia untuk berinteraksi satu sama lain yang memiliki budaya yang berbeda, letak dan jarak geografis yang jauh mengingat saat ini negara Indonesia maupun negara di luar Indonesia yang sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Maka dari itu, dengan adanya teknologi, komunikasi lintas budaya ini menjadi efektif sehingga tidak memerlukan biaya, tenaga untuk pergi keluar kota jika dahulu masih menerapkan hal tersebut.

Dengan adanya teknologi, masyarakat dapat mencari informasi dengan cepat dan mudah mengenai budaya lain. Jika individu ingin berinteraksi dengan individu lintas budaya lain untuk memperlancar komunikasi nya, maka dapat mencari informasi mengenai budaya tersebut. Informasi mengenai bagaimana bernegosiasi dengan baik, menyapa dengan baik, bahasa dan kata-kata yang tidak menyinggung. Hal ini sangat diperlukan dalam memperlancar komunikasi bisnis.

Adanya teknologi juga dapat menciptakan ide-ide baru dan cemerlang yang digunakan untuk kemajuan dalam berbisnis, yang tidak hanya untuk mencari informasi serta bertukar informasi.

Dalam memperlancar komunikasi bisnisnya, memerlukan ide-ide baru agar perusahaan lain ataupun individu lain akan mendapatkan pengetahuan baru untuk memajukan tujuan yang dikehendakinya.

Teknologi ini dapat memberikan cara-cara serta strategi yang dapat menyelesaikan persoalan dan masalah agar lebih efektif dan efisien untuk mempertahankan proses kehidupan, pekerjaan, atau tujuan yang sedang dihadapinya.

Dimana dengan adanya komunikasi dengan menggunakan teknologi ini dapat menyelesaikan keputusan dari persoalan atau masalah antar individu yang memiliki budaya yang berbeda.

Peran teknologi sangat penting bagi kelangsungan dialog antar manusia membangun suatu pekerjaan atau bisnis jarak jauh akan lebih mudah tetapi tidak lupa pula dengan cara beradaptasi pada tiap tiap daerah belum tentu semua daerah sama akan kapasitas dan koneksinya.

Kita perlu teknologi dan analisis lebih agar tidak menjadi kesalahan dan mempunyai tujuan yang membangun. Hampir seluruh manusia menggunakan teknologi demi kelangsungan hidupnya. Selain itu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya untuk keseimbangan era digital dan manusia demi pencapaian suatu bisnis, dengan peran teknologi dalam berbisnis akan sangat mudah diketahui oleh orang orang hanya dengan sekali klik untuk itu juga sangat efektif dalam perluasan dan pertumbuhan suatu bisnis dikalangan lintas budaya.

Daftar Rujukan

  1. “Komunikasi Bisnis Antar Budaya Di Era Digital.” Beritagaruda.co, 4 Apr. 2021, beritagaruda.co/komunikasi-bisnis-antar-budaya-di-era-digital-22164678. Accessed 17 Nov. 2021.
  2. Saputro, Nurul. “ID Manajemen – Blog Belajar Manajemen.” ID Manajemen, 19 Aug. 2021, idmanajemen.com. Accessed 14 Oct. 2021.
  3. “PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM BUDAYA.” BERITAGARUDA.CO, 4 Apr. 2021, suwardilubis.blogspot.com/2019/09/peran-teknologi-komunikasi-dalam-budaya.html?m=1. Accessed 17 Nov. 2021.

(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait