Terinspirasi dari Dr. Sri Watini, M.Pd, Guru TK Anak Bangsa Komplek DPR Kalibata Kembangkan TV Sekolah

  • Whatsapp

TV SEKOLAH merupakan layanan pembelajaran berbasis televisi mobile yang berisi segala informasi tentang sekolah, kreativitas murid, serta program pembelajaran. Masa pandemi Covid-91 yang masih terus berlangsung memaksa pelajar harus ikut beradaptasi dengan keadaan masa kini. Maka TV Sekolah menjadi salah satu solusi bagi peserta didik agar mendapatkan ilmu selama di rumah.

Penulis : Tuti Hidayati,S.Pd

Bacaan Lainnya

TK Anak Bangsa Komplek DPR Kalibata Jakarta Selatan

Secara harfiah, belajar daring adalah kegiatan belajar yang dilakukan menggunakan koneksi internet. Dengan belajar daring, siswa diharapkan mendapat ilmu yang sama dengan belajar tatap muka, namun lebih rileks karena kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan di rumah sendiri dengan membuka channel TV Sekolah.

Tiap sekolah dapat menyelenggarakan siaran sendiri dengan video yang telah dimilikinya dengan media elektronik , yaitu laptop bahkan cukup dengan HP saja untuk menyusun playlist sebagaimana mengelola sebuah program di stasiun TV.

Setelan menyusun playlist semua sistem akan berjalan sendiri karena layanan ini menggunakan cloud yang dapat diakses dari mana saja.

Manfaat TV Sekolah tidak hanya untuk kepentingan golongan tertentu tetapi untuk guru,anak,orangtua serta masyarakat luas seluruh Indonesia. Sebab relevansi TV Sekolah terhadap era revolusi industri 4.0, dan society 5.0, saling mendukung.

Era revolusi Industri 4.0, dan Society 5.0 yang menyajikan berbagai terobosan merupakan suatu peluang bagi Televisi Sekolah agar bisa melayani program pembelajaran berbasis audio visual bagi anak didik.

Salah satu terobosan yang dilakukan saat ini adalah TV Sekolah dimana kita sebagai pendidik/pengurus sebuah organisasi harus mampu berinovasi dan berkreativitas.

Dengan adanya TV Sekolah ini kita mampu memberikan pembelajaran dengan lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan layanan PAUD secara lebih maksimal dan juga PAUD dapat lebih dikenal lagi di masyarakat.

Syukur Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah mempertemukan saya dengan Dr. Sri Watini, M.Pd sebagai Dosen Inovasi Pembelajaran PAUD Pasca Sarjana di Universitas Panca Sakti Bekasi. Beliaulah sebagai inovator TV Sekolah yang akhirnya saya mengenal dan mengembangkan TV Sekolah di lembaga saya yaitu TK ANAK BANGSA Komplek DPR Kalibata Jakarta Selatan.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait