PENGALAMAN baru mengikuti Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran PAUD bersama dosen pengampu Dr. Sri Watini, M.Pd sangat mengesankan. Sangat menginspirasi kami (mahasiswanya) untuk dapat berinovasi dan mencipta karya di dunia Pendidikan, salah satu contoh konkrit yang telah digagas adalah pengembangan TV SEKOLAH sebagai Wahana Belajar dan Berkreasi dari PAUD sampai Pendidikan Tinggi.
Penulis : Fahmarisa Herbanin Radie
Bimbingan Belajar Fahma Orbiter
Pengembangan TV SEKOLAH berbasis mobile memang sangat diperlukan saat ini, dimana penggunaan media televisi didalam kegiatan pembelajaran berfungsi sebagai penghubung antara guru dan siswanya, agar dapat memberikan pengalaman nyata secara konkrit melalui kegiatan belajar yang inovatif dan menyenangkan.
Melalui penayangan TV SEKOLAH sangat dimungkinkan terjadinya proses pembelajaran dengan cara membangun literasi digital anak secara mandiri dan seminimal mungkin merepotkan orang lain dan tetap aman dalam belajar tanpa terganggu iklan online yang terkadang berbau SARA.
Literasi Digital
Literasi digital merupakan pengetahuan keterampilan pada teknologi informasi melalui kecakapan menyampaikan pesan menggunakan media digital. Kemampuan berpikir kritis, keterampilan bekerja sama (kolaborasi), dan kemampuan berempati sosial dapat distimulus oleh guru dengan menggunakan media digital.
Membuat informasi pembelajaran melalui literasi digital dapat dirancang secara efektif, oleh guru melalui kegiatan show acara TV SEKOLAH, guru dapat mengetahui bagaimana cara mengelola jam penayangan yang tepat didalam menyampaikan informasi pembelajaran di ruang maya bagi para siswanya, serta memahami bagaimana, kapan, mengapa, dan kepada siapa informasi dengan menggunakan teknologi ini disampaikan.
TV SEKOLAH dan Literasi Digital Anak
Sebagai pengelola Bimbingan belajar FAHMA ORBITER yang telah berjalan 1 tahun, bertujuan untuk menciptakan wadah alternatif bagi pendidikan dengan mengupayakan sarana pendampingan pembelajaran siswa dirumah, dalam bentuk bimbingan pembelajaran offline maupun online melalui pendekatan belajar yang ramah dan fun.
Maka penggunaan media TV SEKOLAH pada siswa bimbel mulai saya perkenalkan, agar mereka tertarik untuk belajar menggunakan program tayangan TV yang mempunyai dampak positif bagi perkembangan pembelajaran anak, dan dapat menstimulus literasi digital anak, diantaranya adalah :
- Menstimulus pengetahuan umum anak.
- Menstimulus keinginan memperoleh informasi pengetahuan yang beraneka ragam
- Menstimulus peningkatan literasi bahasa anak baik verbal dan non-verbal
- Menstimulus imajinasi dan kreativitas anak
- Menstimulus rasa empati dan kritis berpikir anak akan informasi dari wilayah lain
- Menstimulus keinginan membaca anak, dan cara berbahasa anak
- Menstimulus kemampuan keterampilan seni anak
Dengan mengikuti jam tayang dari siaran TV SEKOLAH, disesuaikan kepada pembahasan tema kegiatan pengembangan pembelajaran bagi siswa bimbingan belajar, maka akan diperoleh keragaman informasi dengan lingkup yang lebih luas secara lengkap sehingga meningkatkan wawasan siswa dalam proses belajar.
Hal ini merupakan stimulus yang kondusif bagi berkembangnya kemandirian siswa terutama dalam hal pengembangan kompetensi, kreativitas, dan konsistensi diri, untuk mulai menyenangi pembelajaran literasi secara digital.
Kesan Saya
Membangun literasi digital anak melalui TV SEKOLAH ternyata sangat memungkinkan untuk diambil manfaatnya sebagai media penyampai pesan informasi pendidikan dan sebagai sumber belajar anak.
Dengan program penayangan siaran TV SEKOLAH, dapat memberikan stimulus serta membangkitkan keinginan belajar anak secara ramah dan fun, anak tidak merasa jenuh untuk belajar dengan tersedianya keragaman format sajian dari program TV SEKOLAH, seperti penayangan kegiatan bermain sambil belajar, drama pendidikan, dongeng naratif, lagu-lagu dan juga dokumenter.
Pengaruh penayangan program TV SEKOLAH membangun literasi digital anak untuk berani melakukan sesuatu secara kreatif, anak dikembangkan menjadi pembelajar aktif dengan memberikan kesempatan sebagai pemecah masalah (learning center) pada proses belajarnya agar dapat menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, anak dapat meningkatkan kecintaan kepada bangsa pada proses belajar yang berkesinambungan dengan menyaksikan penayangan program TV SEKOLAH. Dampak TV SEKOLAH dapat membentuk karakter anak yang mandiri, kritis, inovatif serta mudah berkolaborasi dengan baik pada lingkungannya.
Saat ini Bimbingan Belajar FAHMA ORBITER sedang dalam proses mengembangkan dan mengimplementasikan Ruang Virtuil TV Sekolah yang akan dijadikan sarana dalam kegiatan pembelajaran. Dengan dukungan dan bimbingan Ibu Dr. Sri Watini, M.Pd dan CEO TV Sekolah serta Tim TV Sekolah saat ini sedang bersama-sama menjadikan Bimbingan Belajar FAHMA ORBITER untuk menjadi Model Kelas Bimbingan Belajar yang berkiprah secara Nasional bahkan bisa Internasional dengan menggunakan Media Kelas Virtual TV Sekolah. Saat ini Bimbingan Belajar FAHMA ORBITER telah memiliki murid dari Surabaya, Medan dan wilayah lainya.
Sri Watini berharap semoga FAHMA ORBITER terus berkembang, bermanfaat untuk masyarakat untuk mendukung, memotivasi dan menvasilitasi para pendidik agar lebih maju, professional, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan karya-karyanya melalui TV Sekolah Wahana Kreasi yang dikembangkan dan berbasis Artificial Intelligences dalam menghadapi era revolusi industry 4.0 dan Society 5.0 bagi generasi bangsa melalui pemanfaatan aplikasi TV SEKOLAH secara komprehensif.(*)