TV Sekolah Tepat untuk Kegiatan Belajar Mengajar Anak Usia Dini Di Masa Pandemi dan New Normal

  • Whatsapp

MENURUT kamus Besar Bahasa Indonesia motivasi adalah kata kerja yang  artinya mendorong, dengan kata lain motivasi artinya dorongan atau kekuatan dalam diri individu untuk melakukan dalam mencapai tujuan tertentu. Oleh sebab itu motivasi adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar anak terutama anak usia dini.

Penulis : Masliyah

Bacaan Lainnya

Guru PAUD Nurul Jannah Kedaung

TV Sekolah adalah sebuah media berbasis TV Mobile yang dibuat untuk memberikan layanan siaran pendidikan yang berkualitas guna menunjang tujuan pendidikan nasional dengan sasaran peserta didik dari semua jenjang pendidikan, mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga jenjang pendidikan perguruan tinggi, tidak hanya itu tetapi mencakup orang tua peserta didik dan juga masyarakat luas.

TV Sekolah merupakan suatu inovasi berupa televisi edukatif yang dapat memberikan informasi terkait pendidikan anak, juga dapat dijadikan sarana hiburan untuk anak-anak dan orang tua pun tidak perlu merasa khawatir dengan acara-acara yang disajikan karena seluruh acara yang tersusun atau terprogram di TV Sekolah sudah dirancang untuk layanan pendidikan.

Dalam masa Pandemi  Covid-19 dan New Normal hampir semua aktivitas dialihkan melalui  Work From Home (WFH) tidak terkecuali degan model pendidikan saat ini dari jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi.

Implementasi pembelajaran yang dilakukan saat ini dapat di lakukan melalui sistem daring, yang tidak hanya dilakukan di negara Indonesia tetapi hampir semua negara. Namun dalam perjalanan memiliki banyak kendala yang terjadi di lapangan seperti kuota yang mahal, sinyal yang kurang bagus belum adanya jaringan di wilayah-wilayah 3T (Terpencil, Terdalam dan Terluar), masih minimnya skills SDM (guru) sehingga keterbatasan tersebut yang dirasa  kurang mendukung proses pembelajaran, juga para orang tua yang tidak memiliki pengalaman mengajar, panduan untuk penggunakannya yang masih sangat minim dijumpai, dan sebagainya.

Manfaat TV Sekolah

Penerapan TV Sekolah sebagai media pembelajaran sangat membantu dalam penyampaian materi pembelajaran. Peserta didik atau siswa bisa mendapatkan alternatif media pembelajaran baru yang tidak biasa sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak monoton.

Banyak juga peserta didik yang mampu mengambil informasi atau pengetahuan ekstra dari penggunaan televisi sebagai media pembelajaran. Sebagai seorang guru PAUD, tentu saja banyak sekali manfaat dan keuntungan yang dapat di peroleh dengan terealisasinya TV Sekolah ini, diantaranya  :

  • Mengatur atau menyusun program sesuai keinginan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah yang melibatkan guru dan para siswa
  • Orangtua dapat mengetahui, sudah sejauh manakah pencapaian perkembangan anak-anaknya selama pembelajaran di sekolah
  • TV Sekolah ini, dapat di saksikan secara berulang. Sehingga orangtua dapat memberikan edukasi lebih lanjut, mengenai tayangan yang sudah di saksikan
  • TV Sekolah dapat di saksikan tidak hanya dengan melalui laptop, namun dapat di saksikan melalui seluler atau smart phone
  • TV Sekolah dapat di saksikan dimana saja, dengan pendampingan orangtua
  • TV Sekolah dapat di saksikan kapan saja, sesuai jadwal yang ditayangkan. Sehingga dapat di saksikan di kala orangtua memiliki waktu luang bersama anak-anaknya
  • TV Sekolah dapat membina atau memperbaiki hubungan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak
  • TV Sekolah dapat memancarkan berbagai jenis bahan audio-visual termasuk gambar-gambar diam, film, objek, spesimen, dan drama.
  • TV Sekolah bisa menyajikan model dan contoh-contoh yang baik bagi siswa.
  • TV sekolah dapat membawa dunia nyata ke rumah dan ke kelas-kelas, seperti orang, tempat-tempat, dan peristiwa melalui penyiaran langsung atau rekaman.
  • TV Sekolah memberikan kepada anak peluang untuk melihat dan mendengarkan diri-sendiri.
  • TV Sekolah dapat menyajikan program-program yang mudah dipahami oleh anak dengan usia dan tingkatan pendidikan yang berbeda-beda.
  • Televisi dapat menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata.
  • Televisi dapat menghemat waktu anak, guru dan orangtua, disamping itu televisi merupakan cara yang ekonomis untuk menjangkau sejumlah besar siswa pada lokasi yang berbeda-beda untuk penyajian yang bersamaan

Dengan terealisasinya TV Sekolah di lembaga saya, dapat dilihat dan dirasakan bagaimana anak-anak begitu gembira, antusias dan termotivasi untuk selalu belajar dengan penuh semangat dalam kegiatan belajar mengajar karena mereka pun, ikut terlibat pada setiap acara yang ditayangkan.

Relevansi TV Sekolah dengan Era Revolusi Industri 4.0 Society 5.0

Para guru sangat terbantu dalam penyampaian materi pembelajaran maupun pada penilaian hasil pembelajaran anak. Terlebih di masa era Revolusi 4.0 Society 5.0 dimana seorang guru dituntut harus selalu kreatif, inovatif dan percaya diri dalam meningkatkan motivasi belajar anak.

Dengan TV Sekolah, guru mendapatkan peluang yang sangat luar biasa untuk dapat berkreasi dan berinovasi mengikuti era yang sekarang berlaku. Karena TV Sekolah merupakan program pembelajaran yang berbasis audio visual bagi anak-anak, yang dapat meningkatkan motivasi belajar anak.

Pemanfaatan TV Sekolah ini sangat relevan dengan era Revolusi Industri 4.0. Ahli teori pendidikan sering menyebut Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 untuk menggambarkan berbagai cara mengintegritaskan teknologi cyber baik secara fisik maupun non fisik dalam pembelajaran.

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman contohnya memanfaatkan platform tvsekolah.id. Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran

Tantangan dan Hambatan

Di dalam setiap kegiatan sudah tentu memiliki tantangan dan juga hambatan, dimana sebagaian besar orang ataupun masyarakat luas dapat dengan mudah mencari informasi melalui media digital, yang berarti sebuah stasiun televisi harus menghadirkan inovasi-inovasi terbaru, kreatif dan juga inovatif yang dapat menarik perhatian, juga dapat menginspirasi banyak orang.

Pada TV Sekolah ini sudah banyak sekali memiliki fitur-fitur yang tersedia dan selalu menyajikan pembaharuabn dalam setiap programnya, fitur-fitur yang ada yaitu : kelas virtual, perpustakaan digital, panggung sekolah, dan festival sekolah. Sehingga TV Sekolah ini sangat menarik untuk ditonton secara online dan orang tua pun tidak perlu megkhawatirkan anak anak mereka, karena TV Sekolah ini adalah Televisi yang aman, yang dapat disaksikan untuk anak-anak, dan guru,

Dimana seorang guru sangat berperan aktif sebagai verifikator sehingga seorang guru dapat mengontrol tayangan-tayangan yang akan ditayangkan dengan membuat jadwal pembelajaran sesuai dengan fitur-fitur yang ada pada TV Sekolah.

Harapan Pendidikan Masa Depan

Di era sekarang ini teknologi berkembang sangat cepat, saya berharap baik guru ataupun peserta didik dapat tetap termotivasi dalam belajar kapanpun dan dimanapun mengikuti kemajuan teknologi yang ada sehingga baik guru maupun peserta didik dapat terus kreatif dan juga inovatif mengikuti era yang selalu berkembang.

Dengan adanya TV Sekolah ini saya sebagai guru berharap akan menjadi sebuah media yang dapat terus mendukung para guru agar dapat terus berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan anak-anak didik yang terbaik agar bisa menjadi kebanggan orangtua, agama dan juga bangsa.

Mudah-mudahan TV Sekolah dapat terus memperbaharui fitur-fitur  yang selalu berinovasi, sehingga TV Sekolah dan para guru-guru tetap menjaga keharmonisan, saling bekerjasama, saling mendukung untuk mencerdaskan anak bangsa yang kretif dan inovatif.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dr. Sri Watini, M.Pd selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Inovasi Pendidikan di Universitas Pancasakti Bekasi baliau juga adalah CEO TV Sekolah Wahana Kreasi dan FORDORUM (Forum Dosen Guru dan Masyarakat) karena atas kemurahan hati beliau kami para guru dan juga mahasiswa pendidikan anak usia dini  dapat mengimplementasikan TV Sekolah yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0 society 5.0 sehingga kami dapat terus berkreasi dan berinovasi mengikuti era yang terus berkembang.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait