Sidik : Program JKN-KIS Bukti Keseriusan Pemerintah Melindungi Kesehatan Masyarakat

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Warga Kabupaten Karawang, Sidik (30) mengucapkan rasa syukurnya karena telah bergabung menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ditemui di sela-sela kesibukannya, Sidik mengungkapkan kehadiran Program JKN-KIS membuktikan peran pemerintah yang ingin melindungi kesehatan masyarakatnya lewat Program JKN-KIS.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena saya beserta keluarga telah memiliki jaminan kesehatan yang sangat membantu dan tentunya sangat meringankan beban kami,” kata Sidik.

Bacaan Lainnya

Sidik dan keluarganya merupakan peserta JKN-KIS yang didaftarkan oleh pemerintah pusat sebagai peserta JKN-KIS. Oleh karenanya, iuran JKN-KIS Sidik beserta keluarganya telah menjadi tanggungan pemerintah pusat. Hal tersebutlah yang membuat Sidik begitu bersyukur, terutama telah merasakan manfaatnya yang sangat besar secara langsung.

“Istri saya menjalani persalinan anak kedua kami dengan cara caesar. Alhamdulillah pelayanan yang kami dapatkan sangat baik dan nyaman. Kami tidak mengeluarkan uang sedikitpun untuk biaya persalinan tersebut. Seluruhnya telah ditanggung oleh pemerintah melalui Program JKN-KIS. Sebagai seorang pedagang kecil yang pendapatannya tidak tetap, saya sangat merasa terbantu dengan adanya Program JKN-KIS,” katanya.

Sidik pun menjelaskan bahwa bukan hanya untuk biaya persalinan saja, namun sejak awal kehamilan, Sidik telah menggunakan Kartu JKN-KIS, untuk kontrol kehamilan, serta pengobatan lainnya di fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat keluarganya terdaftar.

Sebagai kepala keluarga, sudah menjadi tanggung jawab bagi Sidik untuk memberikan jaminan kesehatan yang nyaman dan pasti. Dengan dijaminnya selurih anggota Sidik, ia hanya bisa mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada pemerintah yang telah peduli kepada masyarakat, khususnya ia dan keluarga.

“Tidak ada yang sulit jika kita memahami prosedur dan persyaratannya. Yang paling penting adalah jangan malu bertanya jika tidak tahu. Kita sebagai peserta juga harus aktif mencari tahu informasi terbaru penggunaan Kartu JKN-KIS, dengan demikian segala prosesnya sangat mudah dan cepat, karena segala persyaratannya telah kita siapkan dan pahami,” jelasnya.

Sidik berharap Program JKN-KIS dapat terus berlangsung karena manfaatnya yang tidak terhitung, pun demikian dengan BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang dipercayakan oleh pemerintah harus senantiasa memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh peserta JKN-KIS.(ybs)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait